Home / PMD / Pesanggrahan di Bulurejo Siap Dipugar

Pesanggrahan di Bulurejo Siap Dipugar

Ini menggembirakan. Pesanggrahan atau orang mengenalnya sebagai tempat pengepul nila yang merupakan pewarna batik, akan dipugar.

Rencana pemugaran ditandai dengan wilujengan kembul dhahar dan pemotongan tumpeng, siang tadi. Terlihat, dalam ritual itu, Kepala Dinas Kebudayaan Kulon Progo Untung Waluyo, Camat Pengasih Aspiyah, Kepala Desa Pengasih Joko Purwanto dan warga masyarakat Magersari.

Pesanggrahan merupakan bangunan kuno yang masuk daftar bangunan bersejarah di Dinas Kebudayaan Kabupaten Kulon Progo. Tempatnya di Pedukuhan Bulurejo, Desa Pengasih, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo.

“Sengaja dipugar karena sudah dimakan usia. Bangunan yang bersejarah ini, mulai Senin nanti akan dipugar. Bentuknya akan disesuaikan dengan aslinya,” jelas Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Kulon Progo, Drs  Untung Waluyo, tadi siang, Kamis, 9 Agustus 2018.

Untung menegaskan, pemugaran akan dilaksanakan pihak ketiga.  Dia berharap kepada warga Magersari ,maksudnya warga sekitar bangunan eks pengepul nila ini, untuk ikut membantu kelancaran pemugaran.

Kepala Dinas Kebudayaan meyakinkan, nantinya apabila sudah selesai dipugar, bangunan yang sudah dikembalikan seperti aslinya, bisa dijadikan destinasi wisata yang menarik. Apalagi, bangunan tua ini, memang pantas untuk dijadikan tempat wisata. (yad)

About redaksi

Check Also

Kalurahan Glagah Merti Desa kanthi cara virtual

Temon, Kabarno.com – Sabtu, 26 September 2020 di halaman rumah warga Kalurahan Glagah, Kapanewon Temon, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *