Home / KANGBARNO / Nyanangaken Gempar, Pak Penewu Nandur Tomat

Nyanangaken Gempar, Pak Penewu Nandur Tomat

Sendangsari, kabarno.com-Wau enjang, 24 Juli 2020, Pak Panewu Pengasih, Triyanto Raharjo, S.Sos., M.Si mandegani Pencanangan Gerakan Menaman Pangan di Pekarangan (Gempar).

Pencanangan dilaksanakan serempak di 12 Kapanewon, 88 Kalurahan dan 203 Kelompok Wanita Tani (KWT). Untuk Kapanewon Pengasih dipusatkan di KWT Mawar Lestari, Gegunung, Sendangsari, Pengasih, Kulon Progo.

Panewu Pengasih, menyampaikan bahwa gerakan menanam pangan dengan memanfaatkan setiap jengkal tanah untuk pangan melalui Pemanfaatan Pekarangan Lestari (P2L).

“Harapannya budaya menafaatkan pekarangan untuk menanam pangan, tidak berhenti pada saat pencanangan saja. Dengan begitu dapat meningkatkan kesadaran, peran dan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan polakonsumsi pangan yang Beragam Bergizi Seimbang dan Aman,” kata Pak Penewu membacakan sambutan Bupati Kulon Progo.

Dalam kesempatan itu, Panewu Pengasih juga memberikan apresiasi kepada KWT Mawar Lestari yang telah menyelenggarakan Pencangan Gempar. Tidak sendirian, karena berkolaborasi dengan Poktan, tokoh masyarakat, dan Karang Taruna.

Kepada Karang Taruna, Penewu menyampaikan kebanggaannya, karena telah memberikan kesan display yang maksimal dengan konsep alam. Panewu berharap bahwa Pencanangan Gemparini juga merupakan langkah awal bagi KWT Mawar Lestari dan masyarakat Padukuhan Gegunung secara bersama-sama menggali dan mengembangkan potensi alam yang ada.

Pencanangan Gerakan Menanam Pangan di Pekarangan, ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Panewu Pengasih. 300 batang bibit berupa bibit tomat, cabe, terong, pare dan kelor ditanam bersama-sama.

Selain oleh Panewu Pengasih, penanaman juga dilakukan oleh Perwakilan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo, Kapolsek Pengasih, Danramil Pengasih yang diwakili oleh Babinsa Sendangsari, Kepala Puskesmas Pengasih I, Koordinator BPP Pengasih.

Penanaman juga dilakukan oleh Lurah Sendangsari, BPK Sendangsari, Pamong Kalurahan Sendangsari, Ketua Gapoktan Sendangsari, Ketua KWT se-Sendangsari, anggota KWT Mawar Lestari, KarangTaruna, anggota poktan Tani Makmur dan Tokoh Masyarakarat di Padukuhan Gegunung.

Selain kegiatan menaman dilaksanakan pula memanen tomat, terung serta pelepasan benih ikan di sekitar lokasi Pencanangan Gempar.

Sebelumnya, Lurah Sendangsari, Samsudin, menyampakan beberapa hal yang membanggakan, terutama KWT Mawar Lestari yang baru berdiri satu tahun.

“Pemrakarsa KWT ini Puji Lestari. Tujuannya untuk memberdayakan kaumnya dalam meningkatkan dan mengembangkan kemampuan dalam menjaga ketahanan pangan dan membantu meningkatkan perekonomian keluarga,” jelas Lurah Sendangsari.

Sementara itu, Koordinator BPP Kapanewon Pengasih menyampaikan ada 27 KWT yang turut serta dalam kegiatan pencanangan hari itu.

Tanaman sayuran yang diutamakan ditanam adalah cabai, terung, kacang Panjang, dan jipang untuk supply BPNT. Selain itu juga disampaikan program cetak sawah baru yang nantinya di fokuskan untuk menanam padi varietas Nutri Zinx sebagai langkah untuk mengatasi stunting.(vian)

 

About redaksi

Check Also

KPDJ & Tim Sahabat Ngopi ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Slipi

Senin siang  27 Juli 2020, jalanan di kota Jakarta lengang.  Di hari pertama pekan keempat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *