Home / GURIN / Mengenal Sudirman Said

Mengenal Sudirman Said

Ini dia Sudirman Said. Seorang publik figur yang banyak menjadi berita, karena ia termasuk tokoh yang selalu disorot kamera. Kini, posisinya adalah politisi partai Gerindra, setelah dipecat sebagai Menteri ESDM pada Kabinet Kerja.

Lahir di Brebes, Jawa Tengah, Sudirman Said memang tokoh yang sukses. Sebelum menjadi menteri, ia adalah aktivis antikorupsi. Ia juga pernah menjadi eksekutif di industri minyak dan gas, selain pernah menjadi Dirut PT Pindad.

Ketokohan pria bertanggalahir 16 April 1963 ini, membuatnya dipinang Prabowo untuk menjadi Calon Gubernur Jawa Tengah, tahun lalu. Setelah kalah, ia tetap digandeng Prabowo sebagai penasihat Tim Kampanye Nasional.

Merampungkan pendidikannya di  Sarjana Sekolah Tinggi Akuntansi Negara tahun 1990, Sudirman Said  melanjutkan studi Master Bidang Administrasi Bisnis dari George Washington University.

Pendiri Badan Pelaksana Masyarakat Transparansi Indonesia (MTI) itu,  memang tokoh yang serius memerangi korupsi. Itu yang membuatnya, dipercaya menjadi rektor sementara Universitas Paramdina, di saat Nurcholish Madjid sakit.

Lalu seperti apa, teropong batin Sudirman Said berdasarkan weton dan pawukonnya, sehingga mampu meniti karir yang begitu kompleks? Lahir pada 16 April 1963, ia memiliki weton Selasa Pahing. Dalam tanggal Jawa, kelahirannya adalah 22 Dulkaidah 1894 J, atau 22 Dzul Qaidah 1382 Hijriah.

Sosok Sudirman Said yang memiliki jaringan yang luas, ditopang oleh wataknya berdasarkan weton Selasa yang memberinya bakat pergaulan. Sedangkan pasaran Pahing, membuatnya punya hitung-hitungan sendiri dalam setiap langkahnya.

Seperti umumnya orang yang lahir di pasaran Pahing, Sudirman Said, kuat prihatin. Selain itu, juga mandiri dan gemar menolong. Tapi jika sudah tersinggung, kemarahannya bisa sangat menakutkan.

Lahir pada wuku Julungpujud, ia dilambangkan pohonnya rembuyut yang membuatnya sering dicari. Sementara lambang burungnya, Emprit Tondhang yang membuatnya mandiri dalam soal ekonomi, serta memiliki tutur kata yang baik. Tapi hati-hati, berdasarkan pawukon, aralnya disantet orang.(kib)

About redaksi

Check Also

Bung Karno…

  Kemerdekaan hanyalah diperdapat dan dimiliki oleh bangsa yang jiwanya berkobar dengan tekad merdeka, merdeka …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *