Home / PMD / Mbah Suminah arep ngobong uwuh, malah pawone kobong

Mbah Suminah arep ngobong uwuh, malah pawone kobong

Galur, Kabarno.com – Rabu, 19 Februari 2020. Sekitar pukul 10.30 wib, satu dapur milik Mbah Suminah 70 tahun warga Pedukuhan 2, Pandowan, Kapanewon Galur, Kabupaten Kulon progo kebakar.

“Kula bade ngobong sampah wingking pawon, lha kok dereng sios ngobong kok pawon kula mubal mubal lajeng kula tolong tolong,” dikatakan Mbah Suminah kepada Kabarno.com di lokasi kejadian.

Dari pantauan Kabarno.com di lokasi kejadian dan didapat informasi dari tetangga saat itu Mbah Suminah bermaksud membakar sampah di pekarangan yang tidak jauh dari rumahnya, mbah Suminah membakar sampah membawa api dengan daun kelapa ( blarak ) dari dapur ke pekarangan, diduga kebakaran terjadi disebabkan api yang di bawa Suminah netes di kayu kayu dan daun kelapa ( blarak ) yang numpuk di dapur.

Tetesan api yang jatuh ditumpukan kayu dimungkinkan mbesar sebab saat itu di wilayah Pandowan angin agak kencang sehingga, api merembet dengan cepat sehingga dapur milik Mbah Suminah terbakar.

Edi wibowo Kasie Kedaruratan dan Logistik BPBD Kulon Progo di hubungi terpisah mengatakan kejadian kebakaran dapur milik Mbah Suminah diduga berasal dari tetesan.api yang di bawa Mbah Suminah.

Akibat kebakaran ini Mbah Suminah mengalami kerugian kurang lebih Rp. 10.000.000,- ( sepuluh juta rupiah ) untuk meringankan beban BPBD membantu alat dapur dan makanan, dan terlibat pengkondisian kebakaran dapur Mbah Suminah dari TRC BPBD Kulon Progo, TNI, POLRI, PMI Kulon Progo, TAGANA dan warga masyarakat dengan mengerahkan 2 unit tangki dari BPBD Kulon Progo.( yah )

About yadi haryadi

Check Also

Polsek Lendah Lakukan Binluh Linmas

Lendah, Kabarno.com – Salah satu upaya Kepolisian dalam memutus penyebaran virus corona (covid-19) dengan cara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *