Home / PMD / Mangayubagyo Tanggap Warso Deso Jatimulyo Kaping 71

Mangayubagyo Tanggap Warso Deso Jatimulyo Kaping 71

Desa Jatimulyo genap berusia 71 tahun. Kemarin, kemeriahaan perayaan ulangtahun desa di wilayah Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo itu, ditandai dengan kirab bergodo. Pesertanya adalah karang taruna serta kelompok seni yang ada di Jatimulyo.

Kirab dimulai dari halaman Pemerintah Desa Jatimulyo menuju ke lapangan Desa yang jaraknya memutar kurang lebih satu kilo. Suasana meriah, karena penonton dari awal hingga akhir prosesi terlihat tumpah-ruah.

Suasana sakral ikut terselip dalam kirab ini. Apalagi, semua peserta upacara dalam rangkaian hari jadi Desa Jatimulyo berpakaian adat Jawa komplit. Rasa kejawennya kelihatan, maka tedak heran banyak penonton mengatakan sudah pantas kalau Desa Jatimulyo menyandang predikat Desa Budaya dan Desa  Wisata.

Inspektur upacara kali ini Kepala Desa Jatimulyo Anom Sucondro. Sedang  sebagai komandan upacara Kepala Urusan Kesejahteraan Rakyat, Sarijo.

Tiga pemuka agama menutup rangkaian upacara dengan doa-doa. Mereka berasal dari agama Islam, Kristian,  dan Budha.  Setelah doa, dilanjutkan potong tumpeng oleh Kepala Desa Anom Sucondro dan diberikan kepada sesepuh pendiri Desa Jatimulyo serta Ketua Pemuda Pedukuhan se Desa Jatimulyo. (yad)

About redaksi

Check Also

Ora nganggo masker ing Girimulyo kon bali

Girimulyo, Kabarno.com – Jajaran Kepolisian Sektor Girimulyo bersama Kapanewon dan Koramil Girimulyo mulai 14 September …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *