Home / PMD / Lendah dan Panjatan Ramaikan HUT RI dengan Karnaval

Lendah dan Panjatan Ramaikan HUT RI dengan Karnaval

Pagi-pagi kemarin,  jalanan di Kecamatan Lendah, Kulon Progo sudah ramai. Masyarakat bediri di tepi jalan yang akan dilintasi pawai. Arak-arakan itu,  diselenggarakan oleh PHBN Kecamatan Lendah.

“Dari jam 08.00 WIB. Mereka sudah berjejer rapi di sepanjang rute pawai karnaval, yang diadakan di Lendah,” kata Ketua PHBN Kecamatan Lendah, Agus Sunaryo.

Karnaval dan pawai Kecamatan Lendah, imbuh Agus, dimulai dari Lapangan Desa Sidorejo dan Ginis di halaman Desa Jatirejo. Karnaval diikuti sebanyak 120 rego dan 7 drum band baik tingkat SD, SMP dan SLTA, regu dari tingkat Paud dan TK menggunakan mobil yang dihiasi beraneka ragam rumah dan di kemas dengan berbagai hasil bumi.

Camat Lendah Drs  Mitoto Cipto Suroso, mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Rabu, 15 Agustus 2018 kemarin. Ketua PHBN Kecamatan Lendah berharap, semoga tahun-tahun mendatang tambah meriah. Dan, tepat pukul 10.00 WIB, Vamat Lendah memberangkatkan peserta pawai.

Sementara di hari yang sama, karnaval yang meriah juga digelar di Kecamatan Panjatan. Setiap pedukuhan yang berada di wilayah Panjatan, ikut mengirimkan timnya dalam pawai HUT Kemerdekaan RI ini.

Salah satu kontingen, mengangkat tema adeging Bumi Bugel. Cerita  dikemas dengan menarik. Arak-arakan membawa pohon besar yang dipatah-patah oleh seorang perempuan. Pohon yang dipatahkan (dalam bahasa Jawa disebut ditugel-tugel) dijadikan petilasan yang namanya Daruno Daruni.

Karnaval di wilayah Panjatan dimulai sekitar pukul 13.30 WIB. Diberangkatkan dari lapangan Desa Panjatan oleh Camat Panjatan, Setiawan, pawai diikuti kurang lebih 90 regu yang berasal dari pedukuhan-pedukuhan di seluruh wilayah Panjatan. (yad)

About redaksi

Check Also

Bebas denda pajak PKB dan BBNKB diperpanjang hingga Desember 2020

Wates, Kabarno.com – Mendasar Peraturan Gubernur nomor 82 tahun 2020 tertanggal 21 september 2020, bahwa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *