Home / PMD / Lahan seluas 5 hektar di perbatasan Kaligintung dan Temon Wetan kobong

Lahan seluas 5 hektar di perbatasan Kaligintung dan Temon Wetan kobong

Temon, Kabarno.com – Asap tebal terjadi pada Minggu, 22 September 2019, sekitar pukul 11.00 wib, warga di dua Desa yakni Desa Kaligintung dan Temon Wetan, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo melihat kabut tebal panik, sehingga salah satu warga melapor pada pihak yang berwajib, ujar Saparman yang saat itu melihat asap tebal di gunung balong perbatasan Desa Kaligintung dan Desa Temon Wetan.

” Kula saking katebihan sumerep kebul kandel lajeng kula wangsung ngabari sedaya warga ingkang celak kaliyan dumasine kebul punika, lajeng warga ingkang caket sami waspada.”

Saparman menambahkan kurang begitu pasti sebab musabab terjadinya kebakaran hutan seluas 5 hektare, karena di gunung Balong pemilik lahan ada puluhan sehingga tidak berani itu disebabkan ada warga yang membakar sampah atau membuang puntung rokok.

Sementara Riyanto petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Kulon Progo bersama Relawan mendapat telepon dari warga menyampaikan bahwa ada kebakaran di hutan Balong, dan sekitar pukul 12.00 wib satu unit mobil damkar dan Relawan PMI menuju lokasi kebakaran.

Karena lokasi di atas gunung Balong dan sulit untuk di jangkau mobil pemadam di putuskan untuk mengantisipasi di sebelah selatan gunung, untuk antisipasi api merembet ke sisi selatan karena sisi selatan merupakan pemukiman warga.

Untuk memadamkan api yang ada di gunung Balong Tim Damkar, TRC BPBD bersama Relawan PMI, dibantu TNI, POLISI dan warga masyarakat dengan cara manual sehingga lebih lama untuk memadamkan. ( yah )

About yadi haryadi

Check Also

Gugus tugas penanganan Covid-19 Kalurahan Gulurejo Lendah bantu warga terkonfirmasi Covid-19

Lendah, Kabarno.com – Babinsa Bhabinkamtibmas bersama satgas penanganan Covid-19 Kalurahan Gulurejo, Kapanewon Lendah, Kabupaten Kulon …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *