Home / PMD / Kirab Saparan Meriah di Desa Sokomoyo Jatimulyo

Kirab Saparan Meriah di Desa Sokomoyo Jatimulyo

Hari ini, Sabtu, 3 November 2018 bertepatan dengan 25 Sapar. Dalam suasana penuh kekerabatan, masyarakat Pedukuhan Sokomoyo, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo menggelar kirab Saparan, keliling pedukuhan.

Kepala Dukuh Sokomoyo, Tukimin menjelaskan bahwa ini adalah tradisi tahunan yang sudah digelar secara turun-temurun. “Puniko kirab tumpeng saparan, minangka  nguri uri tradisi pinisepuh duk rikala semanten, dados ing pedukuhan Sokomoyo saben tahunipun kedah ngawontenaken,” jelasnya.

Tukimin menambahkan, kirab tumpeng Saparan tahun ini digelar dengan sederhana. Yang dikirab ada empat belas tumpeng keliling pedukuhan. Dimulai dari rumah kepala dukuh dan finis di joglo bekas kelurahan Sokomoyo. Tumpeng yang dikirab antara lain tumpeng yang terbuat dari hasil bumu warga masyarakat Sokomoyo, sesampai di rumah bekas kelurahan diperebutkan.

Saparan ini konon cerita dilaksanakan pada zaman wilayah Jatimulyo masih terdiri dari dua kelurahan yaitu kelurahan Jonggrangan dan kelurahan Sokomoyo. Sedang Lurah Sokomoyo yaitu Simbah Jogo Diharjo.

Setiap bulan Sapar, Mbah Jogo menggelar sodaqoh dengan kupat tempe di halaman kelurahan. Oleh karenanya untuk mengenang kebaikan Mbah Jogo Diharjo, tradisi yang sudah dimulai sejak masa pemerintahan simbah, tetap dilestarikan.(yad)

About redaksi

Check Also

Kalurahan Glagah Merti Desa kanthi cara virtual

Temon, Kabarno.com – Sabtu, 26 September 2020 di halaman rumah warga Kalurahan Glagah, Kapanewon Temon, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *