Home / PMD / Hargorejo Merti Deso, Nganake Wayangan Awan-awan

Hargorejo Merti Deso, Nganake Wayangan Awan-awan

Selesai sholat Jumat,  Desa Hargorejo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo ramai. Ada kenduri dengan puluhan ingkung di aula Balai Desa. Ini adalah bagian dari prosesi Merti Desa yang sudah menjadi tradisi di masyarakat sejak zaman dulu.

Kepala Desa Hargorejo, Adi Purnomo terlihat memimpin kenduri kembul ingkung tadi siang. “Menika arupi gelar syukur, ingkung ingkang kathah punika saking warga ing Pedukuhan sa Hargorejo, dipun kempalaken ing Balai Desa lajeng di pun doani dening rois, lan dipun dhahar sesarengan,” mekaten pangandikanipun bopo Kades.

Adi Purnomo menambahkan acara kenduri ingkung ini merupakan wujud syukur, atas rejeki yang diberikan kepada warga masyarakat di wilayah Hargorejo Kokap dari Tuhan Yang Maha Kuasa, untuk berucap terimakasih warga menggelar kembul ingkung.

Selain kembul ingkung warga masyarakat atas rejekinya  dengan menggelar wayang kulit siang malam, untuk siang hari selesai kembul ingkung di lanjutkan pagelaran wyang kulit dengan lakon Semar mbangun khayangan dalang Ki Rahmad Wibowo sedang malamnya dengan dalang Ki Wisnu Hadi Sugito.(yad)

About redaksi

Check Also

Polsek Lendah terapkan 3M 1T pada awak pos kamling

Lendah, Kabarno.com – Babinsa Koramil Lendah dan Bhabinkamtibkabtimas Polsek Lendah pada Sabtu, 19 September 2020 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *