Home / PMD / Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kulon Progo telusuri keberadaan DPRD Kulon Progo

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kulon Progo telusuri keberadaan DPRD Kulon Progo

Secara pasti kapan berdirinya DPRD Kulon Progo, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan melakukan penelusuran arsip yang ada, penelusuran arsip dipandang penting oleh Pimpinan dan Anggota DPRD Kulon Progo agar sikap dan keputusan yang diambil terkait kapan DPRD Kabupaten Kulon Progo mulai ada dapat dipertanggungjawabkan baik secara yuridis maupun akademis, ungkap Agus Santoso Kadinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kulon Progo.

” Dinas Perpustakaan dan Kearsipan melakukan penelusuran ke BPAD DIY maupun ke Library Centre di Malioboro. Dokumen yang ditelusuri berupa surat kabar maupun arsip tekstual yang dimungkinkan berhubungan dengan berdirinya DPRD Kulon Progo.”

Agus menambahkan Bahkan untuk melengkapi temuan dokumen yang ada, dilakukan pula penelusuran ke Arsip Nasional Indonesia (ANRI) Jakarta. Berdasarkan hasil penelusuran tersebut ada beberapa fakta yang ditemukan, yaitu bahwa DPRD Kulon Progo terbentuk pertama kali pada tahun 1956. Namun dokumen yang mendukung fakta ini hanya berupa foto pelantikan anggota DPRD Kabupaten dan Kota di Yogyakarta antara tanggal 26 sampai dengan 30 Oktober 1956, namun tidak ada data yang data menjelaskan kapan pelantikan anggota DPRD Kulon Progo. Fakta lain yang ditemukan adalah adanya foto pelantikan DPRD Kulon Progo di Balai Agung Kompleks Pemda Kulon Progo tanggal 11 Pebruari 1958. Semua dokumen tersebut terpisah pisah dan tidak ada dokumen utama yang menguatkan seperti daftar anggota DPRD yang dilantik ataupun Berita Acara Pelantikan.

Selanjutnya temuan tersebut disampaikan ke Pimpinan DPRD Kulon Progo dan juga Badan Pembuat Perda (Bapemper) DPRD Kulon Progo untuk menjadi bahan masukan dalam menentukan kapan waktu berdirinya DPRD Kulon Progo yang akan disepakati. ( yah )

About yadi haryadi

Check Also

Tiga KTN di Kapanewon Wates dicanangkan

Wates, Kabarno.com – Pada Senin, 26 Oktober 2020 Kapanewon Wates mencanangkan tiga Kampung Tangguh Nusantara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *