Home / KANGBARNO / Desa Hargotirto Kokap Gelar Tradisi Sedekah Bumi

Desa Hargotirto Kokap Gelar Tradisi Sedekah Bumi

Kemarin, 7 November 2018 warga Desa Hargotirto, Kokap, Kulon Progo, ngumpul di jalan-jalan kampung di wilayah tiga pedukuhan. Mereka ingin mengetahui acara Sedekah Bumi yang sakral.

Seorang penonton bersama Maryanta, yang ditemui Kabarno.com di lokasi arak-arakan tradisi sedekah bumi mengaku senang dengan acara ini.

“Punika pingin mangertosi lampahe adicara tradisi sedekah bumi ing Desa Hargotirto, jalaran kula sampun dangu mboten mangertosi kiprahe warga,” katanya.

Upacara Genduri Sedekah Bumi tambah Maryanta rangkaian adat tradisi Saparan, ternyata acara Bersih Dusun Teganing II, yang disengkuyung dari Dusun Teganing I dan Dusun Teganing II, bertempat di Petilasan Sunan Kalijaga Sebatur Dusun Teganing II, Desa Hargotirto Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo.

Rangkaian acara tradisi sedekah bumi yang dilaksanakan diawali dengan kirab tumpeng hias yang dibawa anak muda dan sesepuh setempat dengan berpakain jawa komplit, diiringi seni Jatilan menujutempat kenduri di Petilasan Sebatur.

Upacara Genduri Sedekah Bumi, merupakan adat tradisi yang diuri-uri oleh masyarakat dan pemerintah desa/kecamatan. Pada kesempatan ini hadir Camat Kokap Drs.Warsidi, jajaran Kepolisian Sektor Kokap, jajaran TNI Koramil Kokap, Kepala Desa dan tokoh masyarakat, tokoh agama dan masyarakat.

Camat Kokap mengatakan acara semacam ini agar bisa dilestarikan dipupuk dan dikemas sedemikian rupa sehingga menarik perhatian, semoga akan menambah guyup rukun warga masyarakat, dan yang lebih utama dapat menumbuhkan rasa selalu bersyukur kepada Allah SWT atas rejeki yang dikarunikan kepada kita semua. (yad)

About redaksi

Check Also

Cungkup Makam Kiai Sorokusumo Mbanaran Rusak

Cungkup itu, terlihat tua. Bangunannya dengan jelas mengabarkan kerentaan: pendek, kusam karena lumut, genteng jadul, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *