Home / PMD / Daleme Mbah Kasan Ngruno kelongsoran

Daleme Mbah Kasan Ngruno kelongsoran

Hujan daras terjadi di wilayah Kabupaten Kulon Progo dari siang hingga malam pada hari Sabtu, 23 Maret 2019, mengakibatkan rumah Mbah Kasan
Winadi 67 tahun, warga Pedukuhan Ngruno, Desa Karangsari, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, kelongsoran hingga menjebol rumah, diinformasikan Babinsa Desa Karangsari Sertu Kismanto kepada Kabarno.com.

” Mengutip perkataan Mbah Kasan, kiro kiro jam 9 bengi, aku krungu sworo grubyuk, lha tak tilik I mlebu jebul kamarku jebol mergo keno longsor, lha aku njaluk pitulangan tonggo.”

Kismanto menambahkan malam itu keluarga Mbah Kasan berada di teras depan karena waktu itu terjadi hujan deras disertai angin kencang sehingga keluarga memilih untuk mencari tempat yang aman, dan sekitar pukul 21.00 wib keluarga mendengar suara arah dari dalam rumah, ternyata tembok kamar sudah jebol tertimpa longsoran.

Untuk menghindari adanya longsor sususal dan resiko lainnya, keluarga Mbah Kasan sementara bertempat tinggal di rumah saudaranya terdekat, sampai benar-benar dinyatakan aman.

Secara terpisah Kalak BPBD Kulon Progo menuturkan untuk gotong royong dilakukan pada hari Minggu, 24 Maret 2019, pelaksanaaan gotong royong oleh TNI, POLRI, Relawan, TRC BPBD , untuk mebersihkan longsoran tanah.

Kerugian akibat tanah longsor rumah Mbah Kasan diperkirakan Rp.15.000.000,- (Lima belas juta rupiah), karena longsoran tanah menghantam tembok rumah hingga jebol. ( swr, yah )

About yadi haryadi

Check Also

EP alias Kodok warga Sendangsari Pengasih nyolong mas masan ing Samigaluh di cekel Polsisi

Samigaluh, Kabarno.com – Pencurian terjadi di wilayah hukum Polsek Samigaluh pada Senin, 30 November 2020 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *