Home / PMD / BPD Kulur Pesen Iket Buatan Mbah Tijo Blumbang

BPD Kulur Pesen Iket Buatan Mbah Tijo Blumbang

Bersih Desa digagas Badan Permusyawaratan Desa Kulur Temon Kulon Progo. Momentumnya untuk memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 73.

Penegasan itu disampaikan oleh Drs. Djanu Indrianto Ketua BPD Kulur, saat ditemui di rumah Mbah Tijo Blumbang, sore tadi, Rabu, 1 Agustus 2018. “Dadi wong Jowo, saestu pingin nguri uri kajawenipun, kulo sak rombongan sowan mbah Tijo ing Blumbang pingin ngadekke iket, yih idep idep raos bela beli Mas,” katanya.

Semua anggota Badan Permusyawaratan Desa Kulur dipesankan iket. Itu, tambah Djanu, dilakukan untuk menyeragamkan sewaktu-waktu ada kegiatan di Desa Kulur akan digunakan yang sekaligus nguri-uri budaya Jawa.

Sementara Mbah Tijo terlihat bingung ada rombongan yang datang di rumahnya hampir magrib. Ternyata para pejabat meski hanya setingkat Desa. Mereka membawa rejeki untuk Mbah Tijo, karena memesan iket atau blangkon.

Mbah Tijo bangga iket buatannya ternyata lumayan dipakai para pejabat dari tingkat desa hingga kabupaten dan bahkan ada pesanan dari luar Jawa. Rata-rata mereka memakai iket atau blangkon ingin memperlihatkan jati dirinya sebagai wong Jowo. Biasanya, mereka menggunakan pakaian Jawa untuk kegiatan hari jadi, kegiatan kegiatan desa. Atau  dipakai setiap Kamis Paing bagi pegawai. (yad

About redaksi

Check Also

Di Pegunungan Menoreh masih ada pelanggar protokol kesehatan

Girimulyo, Kabarno.com – Warga masyarakat di pegunungan Menoreh masih di dapati warga yang belum mentaati …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *