Home / PMD / Besok, Perkumpulan Brajabumi Siap Meriahkan Karnaval Kemerdekaan

Besok, Perkumpulan Brajabumi Siap Meriahkan Karnaval Kemerdekaan

Gegap-gempita menyambut HUT kemerdekaan RI terasa membahana dari Ibu Kota hingga pelosok daerah di Indonesia.

Ki Setyo  Budi
Ketua Umum Perkumpulan Brajabumi

Berbagai kegiatan diselenggarakan, dari yang sederhana hingga yang hingar bingar penuh warna. Aada tumpengan, ada  malam Tirakatan, ada perlombaan ada pemasangan umbul umbul dan bendera merah putih dengan pernak perniknya. Upacara Bendera bahkan hingga Pawai atau Karnaval Rutin Tahunan yang diselenggarakan setiap memperingati HUT kemerdekaan RI.

Di Kota Kebumen, kemeriahan juga tercipta. Pemerintah Daerah Kebumen menjadwalkan karnaval akan dilakukan pada tanggal 18 Agustus 2018 dengan mengambil lokasi memutar sepanjang jalan protokol di Kota Beriman tersebut.

Perkumpulan Tosan Aji Brajabumi yanng sekretariatnya berada di Kebumen, tidak mau ketinggalan. Para anggota Brajabumi siap mengambil peran serta ikut memeriahkan karnaval tersebut. Sesuai misinya Perkumpulan Tosan Aji Brajabumi mengangkat tema pelestarian budaya warisan leluhur Tosan Aji Nusantara.

Dengan melibatkan seluruh jajaran pengurus Perkumpulan dan beberapa anggota, karnaval dipastikan meriah. Anggota Perkumpulan Brajabumi akan berbusana khas perkumpulan Tosan aji: peserta pria menggunakan baju bernuansa Jawa dengan tutup kepala Iket atau blangkon, sementara peserta wanita mengenakan kebaya.

Peserta juga akan membawa pusaka dari berbagai bentuk dan daerah, seperti keris, tumbak, kujang, kudi, pedang, trisula, Rojong dan lain sebagainya. Harapan dari itu semua adalah sekaligus memberikan Edukasi kepada masyarakat betapa beraneka ragam nya budaya Tosan Aji Nusantara yang ada.

Pada kesempatan ini Segenap Pengurus dan Anggota Perkumpulan Tosan Aji Brajabumi juga turut mengucapkan DIRGAHAYU KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA KE 73.

Tetap Lestari Budaya Nusantara. Terus Maju Bangsa Indonesia. Tetap Jaya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan sesanti Arum lan kuncaraning bongso gumantung marang kaluhuraning Budoyo.

MERDEKA…!

About redaksi

Check Also

Bebas denda pajak PKB dan BBNKB diperpanjang hingga Desember 2020

Wates, Kabarno.com – Mendasar Peraturan Gubernur nomor 82 tahun 2020 tertanggal 21 september 2020, bahwa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *