Home / KANGBARNO / Mengenal Dalang Kebumen-3: Ki Widodo, Dalang Kharismatik Kebumen

Mengenal Dalang Kebumen-3: Ki Widodo, Dalang Kharismatik Kebumen

Rasa-rasanya, tidak berlebihan jika Kebumen mendapat julukan sebagai gudangnya dalang. Sebab, tercatat lebih dari 140 dalang ada di Kebumen. Ini sangat menarik, untuk sebuah kota di wilayah Selatan Provinsi Jawa Tengah.

Tidak hanya jumlah pelaku Seni Pedalangan yang banyak, ragam gagrag pedalangan juga ada di sini. Mulai dari Gagrak Banyumasan, Pesisiran, Tegalan, Gaggrak Mataraman bahkan gagrag Surakartan (Solo), ditekuni dengan baik oleh dalang Kebumen.

Nama yang lekat dengan gagrab Surakarta adalah   Ki Widodo, SSn. Nama ini, termasuk  Dalang Senior di Kebumen yang dalam pementasannya membawakan gaya Solo yang sangat menarik.

BACA JUGA http://www.kabarno.com/mengenal-dalang-kebumen-1-ki-wido-seno-aji/

Hal itu tentu saja sesuai dengan latar belakang keilmuan. Seperti diketahui, Ki Widodo adalaha lulusan Jurusan Pedalangan Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI)  yang sekarang Namanya berubah menjadi Institu Seni Indonesia (ISI) Surakarta.

Keprigelannya mendalang tidak perlu diragukan. Nyaris semua unsur seni pedalangan dikuasai mulai dari sabet, ontowecono, suluk, dodogan, sanggit. Kemampuan itu, masih dilengkapi dengan kepiawaian lain.

Ki Widodo juga sangat pamam dalam soal tata panggung, interaktif dengan penonton dan membuat suasana panggung terkesan hidup dan tidak monoton. Maka tidak heran bila Ki Widodo juga sering ditunjuk sebagai juri dalam setiap ivent lomba dalang baik ditingkat lokal maupun Nasional.

Kecintaan kepada seni pedalangan tidak hanya berhenti pada sosok yang senantiasa tampil tenang dan penuh karisma ini, namun juga diturunkan kepada generasi muda. Karena Ki Widodo juga seorang Dwija (duru) di salah satu Sanggar Pawiyatan Pedalangan yang ada di Kebumen.

BACA JUGA http://www.kabarno.com/mengenal-dalang-kebumen-2-ki-bondan-riyanto-dalang-suluk-reformasi/

Dalam keseharian Ki Widodo adalah ASN di Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen. Sesuai keahliannya Ki Widodo dipercaya sebagai Seksi Kebudayaan Bidang Tugas Pengelola Data Kekayaan Budaya. Ki Widodo juga aktif sebagai Dwijo di Pawiyatan  Permadani Kebumen.

Dalang Karismatik yang sabetannya banyak diinspirasi oleh dalang kondang Ki Mantep Sudarsono ini telah banyak melakukan pementasan tidak hanya didalam wilayah Kebumen namun juga diberbagai daerah.

Beralamat di RT 02 / RW.01’Desa Kejawang, Kecamatan Sruweng, Kabupaten Kebumen, Ki Widodo yang jiwa seninya sangat kental tengah membuat gebragan dan inofasi baru dengan memadupadankan seni gamelan dan seni Jamjaneng yang banyak terdapat di Kebumen. Dan hasilnya layak diberikan apresiasi yang tinggi karena dapat diterima dan digemari masyarakat.

Dengan segala kemampuan, keilmuan, serta jam terbangnya yang Panjang, Ki Widodo patut menjadi rujukan Seni Pedalangan Gagrak Surakarta yang ada di Kebumen.

Kebumen, 09 Mei 2020

Ki Setyo Brajabumi, Pemerhati Budaya Nusantara Hp. 081310352619

About redaksi

Check Also

Dari Kemarin, Tadi Malam, dan Pagi Tadi, KPDJ Ngadem di Puncak

Komunitas anak-anak muda Kulon Progo di perantauan yang tergabung dalam Kulon Progo di Jabodetabek (KPDJ), …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *