Home / KANGBARNO / Mengenal Dalang Kebumen-2: Ki Bondan Riyanto, Dalang Suluk Reformasi

Mengenal Dalang Kebumen-2: Ki Bondan Riyanto, Dalang Suluk Reformasi

Sosoknya cukup familiar di tengah masyarakat Kebumen. Juga di lingkup yang lebih luas di Jawa Tengah. Namanya, Ki Bondan Riyanto SPd. Dalang yang berpenampilan bersahaja namun terkesan ramah dan murah senyum ini adalah salah satu aset seni pedalangan Kebumen yang konsisten melakonkan Wayang Kulit dijalur gagrag Mataraman (Jogjakarta).

Gaya mendalang yang banyak terinspirasi dari Dalang Kondang Alm Ki Hadi Sugito (Jogjakarta) rupanya memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat. Pentasnya sering ditunggu. Itu, yang membuat penampilan Ki  Dalang Bondan (panggilan akrabnya) selalu dihadiri  banyak penonton.

Meski dikenal sebagai dalang gagrag Jogja, namun bila sampai acara   limbukan dan Goro Goro akan muncul candaan candaan segar dan lucu dengan bahasa ngapak yang khas. Gaya pesisir kebumenan, akan muncul pada saat itu.

Dalang yang sehari hari bekerja sebagai guru di salah satu SD N di wilayah Mirit ini, memiliki kekhasan dan ciri tersendiri. Ki Bondan termasuk sangat berani membawakan suluk suluk hasil karyanya sendiri yang berisikan pesan reformasi.

BACA JUGA http://www.kabarno.com/mengenal-dalang-kebumen-1-ki-wido-seno-aji/

Keberanian itulah yang membuatnya dijuluki Dalang Reformasi. Baginya reformasi adalah bagian penting bagi kemajuan pembangunan Bangsa dan Negara Indonesia.

Tidak bisa dipungkiri, Ki Bondan Riyanto adalah seorang dalang yang menjadi kebanggaan para siswa dan rekan seprofesi di PGRI, karena kemampuannya sebagai seorang Dalang.

Kiprah Ki Bondan Riyanto di dunia seni pedalangan tidak diragukan lagi. Dalang yang berdomisili di Desa Kertodeso, Kecamatan Mirit, Kebumen ini selain sudah sering pentas di berbagai wilayah juga pernah memenangkan lomba pementasan dalang tingkat kabupaten Kebumen tahun 2013.

Sebagai seorang dalang, Ki Bondan   juga tidak segan menanamkan kepada anak didiknya untuk memiliki sikap cinta budaya luhur bangsa, terutama seni kerawitan dan seni pedalangan.

Kebumen, 08 Mei 2020

Ki Setyo Brajabumi

Pemerhati Budaya Nusantara, HP 081310352619

About redaksi

Check Also

Warga Gunung Rawas Sentolo Gotong-royong Bantu Warga Isolasi Mandiri

Sentolo, Kabarno.com – Warga yang terpapar Covid-19 dan melakukan isolasi mandiri tidak akan didiamkan begitu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *