Home / PMD / Bubar panen warga Klampis Tanjungharjo Nanggulan kembul kupat

Bubar panen warga Klampis Tanjungharjo Nanggulan kembul kupat

Nanggulan, Kabarno.com – Pagi tadi Selasa, 4 Februari 2020 sekitar pukul 05.30 wib ratusan warga di Pedukuhan Klampis, Kalurahan Tanjungharjo, Kapanewon Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo menggelar tradisi gumbregi di sepanjang jalan temgah sawah bulak Klampis, di katakan Penjabat Lurah Tanjungharjo Imam Nurhadi saat dikonfirmasi Kabarno.com melalui pesan singkat.

” Ya pagi tadi selesai sholat subuh semua warga di Pedukuhan Klampis, Kalurahan Tanjungharjo, menggelar wilujengan mengucap syukur di bulak sawah Klampis.”

Pak Pj Lurah menambahkan petani di Pedukuhan Klampis setiap tahun menggelar tradisi “Gumbregi” tradiai sukuran setelah panen, warga dwngan membawa uba rampe dari rumah masing masing menuju lokasi di bulak sawak Klampis.

Uba rampe yang dibawa berupa Ambeng bongko tawon atau bongko kacang tholo, dengan menu utama kupat sayur tempe juga sayur kluwih serta hasil sawah dan pekarangan.

” Mereka para warga membawa ulu wetu kebon tanpa ingkung, yang selanjutnya dimakan bersama sama.”

Namun sebelum pelaksanaan kembul kupat, dari sesepuh adat Kalurahan Tanjungharjo ato kaum rois setempat Mbah Sarjono memimpin doa dan selanjutnya setelah dilaksanakan doa warga yang hadir bersama sama menikmati sajian yang telah di bawa.

Duana Heru Supriyadi Panewu Kapanewon Nanggulan dihubungi secara terpisah mengatakan tradisi semacam itu perlu di lestarikan, diuri uri, tradisi tersebut merupakan wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rejeki kepada warga.

” Saya apresiasi itu perlu dilestarai, salah satu tradisi yang sudah hampir punah makanya perlu diuri uri.( yah )

About yadi haryadi

Check Also

Polsek dan Koramil Kokap Dampingi Warga Ikuti Vaksin

Kokap, Kabarno.com – Kamis, 16 September 2021 jajaran Kepolisian Sektor Kokap Polres Kulon Progo bersama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *