Home / PMD / Saparan ing Gua Sriti Purwoharjo Samigaluh ing tengahing pageblug Covid-19

Saparan ing Gua Sriti Purwoharjo Samigaluh ing tengahing pageblug Covid-19

Samigaluh, Kabarno.com – Warga Pedukuhan Dukuh, Kalurahan Purwoharjo, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo pada Rabu, 7 Oktober 2020 melaksanakan upacara adat Kenduri Saparan Gua Sriti.

“Upacara ini dilaksanakan sebagai bentuk pelestarian budaya yang sudah dilaksanakan selama puluhan tahun sekaligus mengirim do’a kepada Kyai Sapar dan Nyai Sapar yang dipercaya warga setempat pernah bersemedi di Pedukuhan Dukuh,” kata Yudono Hindri Atmoko Sekretaris Kundha Kabudayan Kulon Progo Rabu, 7 Oktober 2020.

Atas nama Kundha Kabudayan Kulon Progo mengapresiasi yang bagus dalam acara tradisi saparan dan bersih Dusun yang dilaksanakan secara rutin sehingga tradisi budaya yang ada tidak hilang meskipun di tengah pandemi.

Antonius Ari Wibowo Lurah Purwoharjo menyampaikan rangkaian acara saparan ditengah pandemi covid dilaksanakan sesuai protokol kesehatan di gelar secara sederhana. Tema dalam pelaksanaan saparan dan bersih dusun yaitu Nandur wiji ngrukti banyu minongko sumbering panguripan.

Kapolsek Samigaluh AKP Herumeiyanto di hubungi terpisah mengatakan selaku satgas Kampung Tangguh Nusantara Menoreh Report System Kulo Siaga, selama pelaksanaan berjalan dengan aman dan lancar dan dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penularan virus corona.(ayu,yah)

 

About yadi haryadi

Check Also

Kapolsek Samigaluh Ajak Pelajar Untuk Disiplin dan Taat Aturan

Samigaluh, Kabarno.com – Sebanyak 144 siswa siswi SMK Negeri 1 Samigaluh dalam apel pagi pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *