Home / PMD / Pawai Sampah Warga Brosot Kulon Progo Meriah

Pawai Sampah Warga Brosot Kulon Progo Meriah

Galur, Kabarno.com – Warga Kalurahan Brosot, Kapanewon Galur, Kabupaten Kulon Progo pada Minggu,25 September 2022 menggelar acara Grebeg Sampah dari berbagai jenis sampah rumah tangga yang dikelola menjadi barang bermanfaat dan bernilai ekonomi di arak dari lapangan Klampok ke Panggung Budaya, Kalurahan Brosot, Kapanewon Galur, Kabupaten Kulon Progo.

“Grebeg Sampah menjadi bagian rangkaian mengajak masyarakat menciptakan kebersihan lingkungan. Kegiatan sebelumnya, warga menggelar kegiatan gropyok sampah atau mengumpulkan sampah rumah tangga di lingkunannya masing-masing,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kulonprogo, Sumarsana Minggu, 25 September 2022.

Sumarsana menambahkan pergelaran acara ini sebagai ajakan kepada warga untuk melakukan pengelolaan sampah rumah tangga. Sampah ini akan menjadi permasalahan lingkungan dan kesehatan.

Menurutnya, warga harus dibiasakan mengelola sampah rumah tangga. Yaitu dengan melakukan pemilahan jika tidak bisa dipergunakan dikembalikan kembali ke produsen memalui bank sampah.

Volume sampah rumah tangga dalam satu tahun di Kulonprogo mencapai sekitar 65 ribu ton. Yang telah dilakukan pengelolaan dengan pemilahan di rumah tangga dan di TPA (Tempat Pembuangan Akhir) baru sektiar 17 persen.

Untuk menyelesaikan permasalahan sampah rumah tangga, harapnya di setiap kalurahan ada pengelolaan sampah dengan mendirikan bank sampah.(yah)

About yadi haryadi

Check Also

Sosialisasi Keselamatan Berkendara di Kapanewon Playen Gunungkidul

Gunungkidul, Kabarno.com – Sosialisasi keselamatan berkendara pada Kamis, 24 November berlangsung di Kapanewon Playen, Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *