Home / PMD / Mbah Daliman warga Sidorejo Lendah hidup seorang diri

Mbah Daliman warga Sidorejo Lendah hidup seorang diri

Lendah, Kabarno.com – Mbah Daliman sudah berusia 68 tahun. Warga Pedukuhan Tubin, Kalurahan Sidorejo, Kapanewon Lendah, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta itu, melewati hari-hari sendiri. Sebab, simbah memang hidup seorang diri. Tanpa keluarga dan sodara. Pekerjaannya, tani buruh musiman. Rumahnya pun,  rumah yang tidak layak huni. Sudah puluhan tahun, Mbah Dal tinggal di rumah tanpa MCK ini.

“Kula mapan ing mriki sampun puluhan tahun, omah kula sik penting kena kangge ngaso, le masak yih damel emplek emplek punika,” kata Mbah Daliman Jum,’at, 6 November 2020.

Mbah Daliman pada hari ini Jum’at, 6 November 2020 nampak riang. Sejumlah komunitas nampak sibuk merobohkan rumah Mbah Daliman yang akan di bedah. Komunitas yang akan melaksanakan bedah rumah dari Komunitas Tril Kulon Progo, Lembaga Kesejahteraan Sosial Guyon Maton Kulon Progo ( LKS GMKP PEDULI ), Info Berita Galur Lendah ( IBGL ) dan sejumlah Komunitas.

Rosidi salah satu anggota TRIL KULON PROGO mengatakan, awalnya Komunitas Kulon Progo melawati jalur di depan rumah Mbah Daliman. Melihat rumah yang kurang layak huni Komunitas Tril Kulon Progo bersama Komunitas lain berkeinginan untuk melakukan bedah rumah.

“Hari ini di mulai bedah rumah Mbah Daliman, dan ini dibiayai dari PT. KAI DAOP 6 Yogyakarta juga di bantu komunitas seperti GMKP PEDULI dan IBGL,” tambah Rosidi.

Dukuh Tubin Waluyo membenarkan hari ini dimulai pekerjaan bedah rumah milik Mbah Daliman yang sudah puluhan tahun menempati rumah tak layak huni. Pekerjaan bedah rumah dilaksanakan oleh TNI, POLRI, Komunitas Tril Kulon Progo, SATLINMAS dan Satpol PP Kulon Progo, GMKP, IBGL dan warga masyarakat Pedukuhan Tubin, Kalurahan Sidorejo, Kapanewon Lendah, Kabupaten Kulon Progo.

“Bedah rumah ini dikerjakan kerang lebih satu minggu, mudah mudahan tidak ada halangan, karena bahan bahan sudah komplit,” tambah Waluyo.(yah)

 

 

About yadi haryadi

Check Also

Gotong royong Guyub rukun warga RT 03 Beji Wates bantu warga kang isolasi mandiri

Wates, Kabarno.com – Dua Kepala Keluarga RT 03 Beji, Kelurahan Wates, Kapanewon Wates, Kabupaten Kulon …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *