Home / PMD / Karsin Pengusaha Ikan Crispy Asal Sermo

Karsin Pengusaha Ikan Crispy Asal Sermo

Kokap, Kabarno.com – Pemilik usaha pengolahan ikan Red Devil Karsin mulai berusaha mengolah ikan crispy berawal dari melimpahnya bahan baku ikan red devil diwilayahnya dan tidak ada yang membeli serta mengolahnya. Awalnya dirinya mengolah ikan tersebut untuk konsumsi pribadi, namun karena sisa berlebih kemudian diolah ulang, dan dititipkan ke warung – warung  ternyata cukup diminati masyarakat

“Awalnya ngga sengaja, terus pada 2010 mendapat pendampingan dari Dinas maupun bimbingan Kementerian Perikanan dan akhirnya saya direkrut jadi binaan dan waktu itu pemasaran sudah cukup luas,” kata Karsin Kamis, 24 November 2022.

Karsin menambahkan usaha yang dimulai sejak 2006 ini telah dikenal masyarakat luas dengan bantuan promosi berbagai pihak, tidak hanya olahan ikan red devil namun juga ada olahan ikan teri dan abon lele. Dengan melimpahnya bahan baku, rata-rata dirinya menghabiskan sejumlah 80 kg ikan red devil mentah setiap harinya, sedang untuk ikan teri menghabiskan 200 kg per minggu dan 20 kg untuk ikan lelenya. Namun pada pandemi kemarin omset tersebut turun cukup banyak hingga menyisakan 20 persen saja.

“Pemasaran sudah cukup luas sekitar jawa, jawa tengah, jawa barat, jakarta, ini berkat bantuan para wartawan juga yang mempromosikan dan menyiarkan, dan beberapa stasiun tv sudah sering melakukan shooting,” katanya.(yah).

About yadi haryadi

Check Also

Wajib Pajak Kendaraan Agar Manfaatkan Fasilitas Samsat Untuk Bayar PKB Supaya Kendaraan Tidak Jadi Bodong

Bantul, Kabarno.com –  Tahun 2023 Pemerintah akan mulai menerapkan pemblokiran STNK. Blokir ini diterapkan untuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *