Home / PMD / Festival Pencak Silat ajang silaturahmi kearifan lokal

Festival Pencak Silat ajang silaturahmi kearifan lokal

Wates, Kabarno.com – Kodim 0731/Kulon Progo menggelar Festival Pencak Silat di Gedung Kesenian Wates Kulon Progo, dengan mengambil tema Membentuk Sumber Daya Manusia Kreatif, Inovatif dan Adaptif, diikuti oleh 8 Perguruan Pencak Silat yang ada di Kabupaten Kulon Progo, Sabtu, 27 Juni 2020.

Giat Komsos Kreatif tersebut dipimpin oleh Dandim 0731/Kulon Progo Letkol Inf Dodit Susanto, A.Md., dihadiri oleh Kepala Bidang Dispora, Koni, Sekertaris Dinas Kebudayaan, Ketua IPSI Kabupaten Kulon Progo, Perwira Staf dan Danramil Jajaran Kodim 0731/Kulon Progo serta Ketua Perguruan Pencak Silat se-Kulon Progo. Peserta yang memeriahkan festival tersebut adalah Perguruan Pencak Silat Persatuan Hati, Pagar Nusa, Telapak Sakti, Bayu Manunggal, Persinas Asad, PSHT, Tapak Suci dan Perisai Diri.

Kapten Inf Triyono Pasiter Kodim 0731/Kulon Progo selaku penyelenggara menjelaskan bahwa Komsos Kreatif Festival Pencak Silat ini merupakan salah satu Program Kerja Kodim 0731/Kulon Progo Bidang Teritorial Tahun Anggaran 2020, dengan tujuan untuk menjalin komunikasi sosial kreatif yang sehat dan harmonis, melalui pentas seni budaya olahraga sosial serta untuk meningkatkan tali silaturahmi Prajurit Kodim 0731/Kulon Progo dengan segenap komponen masyarakat.

Rusdianto selaku Kepala Bidang Dispora Kulon Progo berharap dengan kegiatan Festival Pencak Silat Kodim 0731/Kulon Progo yang digelar dapat meningkatkan kemampuan dan prestasi serta hubungan silahturahmi antar perguruan pencak silat yang ada di Kabupaten Kulon Progo

Dandim 0731/Kulon Progo mengatakan kegiatan Komsos Kreatif yang dikemas dalam Pagelaran Pencak Silat adalah upaya untuk memberdayakan potensi kearifan lokal, sehingga dapat tumbuh dan berkembang sebagai kekayaan dan khasanah budaya bangsa serta dapat membentuk sumber daya manusia yang kreatif, inovatif dan adaptif.

“Saya berharap momentum ini tidak hanya sebagai ajang pagelaran saja namun merupakan upaya untuk mengembangkan minat dan bakat serta potensi kreatifitas yang dimiliki oleh peserta”, pesan Dandim.

Lebih dalam lagi peserta diharapkan mampu memahami pesan yang terkandung dalam pencak silat, mampu menciptakan berbagai cara dan sarana diantaranya dengan pengembangan “jurus” kedalam bentuk seni dan olahraga yang dapat memberikan kesejahteraan lahir dan batin, tambahnya.

Setelah dibuka secara resmi oleh Dandim, pada sesi berikutnya ditampilkan pagelaran pencak silat oleh masing-masing perguruan. Diakhir acara dilaksanakan foto bersama dan pemberian cinderamata oleh Dandim, teriring ucapan terima kasih atas antusiasme dan partisipasi seluruh peserta dalam kegiatan ini, sehingga dapat terlaksana dengan meriah.

Dalam pelaksanaan kegiatan diterapkan protokol kesehatan, dengan mengharuskan seluruh yang hadir cuci tangan dengan sabun di air mengalir, dicek suhu tubuh dan jaga jarak/tidak berkerumun, karena masih dalam suasana Pandemi Covid-19.(asw,yah)

About yadi haryadi

Check Also

12 Lurah Terpilih se Kapanewon Temon Sowan Panewu

Temon, Kabarno.com – Sebanyak 12 Lurah terpilih se Kapanewon Temon, Kabupaten Kulon Progo seusai dilantik …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *