Home / PMD / Bupati nandur wit dewondaru ing Gunung Kuniran

Bupati nandur wit dewondaru ing Gunung Kuniran

Kokap, Kabarno.com – Dalam rangka Bulan Penanaman 1001 Pohon, Bupati Kulon Progo bersama Unsur Forkopimda, Kepala OPD Kulon Progo dan dari Dinas/Instansi terkait lainnya melaksanakan penanaman pohon di Obyek Wisata Alam Gunung Kuniran di Pedukuhan Pandu, Desa Hargorejo, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo Rabu,15 Januari 2020.

Panewu Kokap, Sadikan, SPd. MPd berharap wilayah Kokap menjadi lebih maju dikemudian hari. Sesuai arahan Bupati, kami siaga bersama semua Unsur Pemerintah dan masyarakat dalam menyikapi situasi yang berkaitan dengan kesiapsiagaan bencana alam. Berkaitan dengan pangan, kami ingin membangkitkan komoditi Kokap untuk penanaman benguk. Antisipasi kekeringan kami melakukan penamanan tumbuh-tumbuhan sebagai penahan air. Bagi generasi muda kami mencukupi kebutuhan kegiatan melalui pelatihan anyaman besek dan untuk ibu-ibu kami lakukan pelatihan batik.

Ketua Kelompok Tani Wonodadi dan Paguyuban Wisata Gunung Kuniran Hargorejo, Sugito, menyampaikan bahwa penamanan 1001 pohon di Obyek Wisata Alam Gunung Kuniran bertujuan untuk pelestarian alam, menanggulangi erosi air hujan, terjaganya mata air, menambah penghasilan dan penambahan jenis tanaman vegetatif. Adapun varian tumbuhan yang ditanam antara lain tanaman Durian, Petai, Sirsak, Mangga, Alpokat, Belimbing, Jeruk, Jambu, Nangka, Kelengkeng, dan tumbuhan kayu perindang seperti Beringin, Dewandaru dan lain lain. Visi pengelolaan Obyek Wisata Gunung Kuniran adalah menjadikan destinasi wisata yang unggul berbasis alam dan kearifan lokal.

Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedjo mengatakan, atas nama Pimpinan di Jajaran Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, menyambut baik dan menilai positif atas diselenggarakannya acara pada hari ini. Sebagai masyarakat Kulon Progo harus ikut aktif menjaga kelestarian lingkungan, salah satunya dengan gerakan menanam pohon. Manfaat konservasi lingkungan adalah untuk menciptakan stabilitas iklim, pelestarian alam terutama air dan tanah, pembaharuan sumber daya alam hayati dan ekosistem, perlindungan plasma nutfah serta kegiatan tourism dan rekreasi. ( yah )

About yadi haryadi

Check Also

Kurang lampu penerangan jalan, pesepeda ketabrak pengendara sepeda motor di Bumirejo Lendah

Lendah, Kabarno.com – Unit Laka Lantas Polsek Galur Polres Kulon Progo menangani kasus kecelakaan lalu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *