Home / PMD / Wisata Pesisir Glagah Indah Temon Kulon Progo

Wisata Pesisir Glagah Indah Temon Kulon Progo

Oleh : Ari Tomi Wibilaksono (Mahasiswa FIKOMM UMBY)

Pantai Glagah yang terletak di Pedukuhan Glagah, Kalurahan Glagah, Kapanewon Temon, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta memang menjadi daya tarik wisatawan tersendiri baik wisatawan lokal maupun luar daerah. Pantai yang berdekatan dengan Bandara YIA (Yogyakarta International Airport) menjadi destinasi wisata yang memiliki keanekaragaman wisata didalamnya, mulai dari Pantai, Laguna, Dermaga pemecah ombak, camping ground, agro industri dan kuliner.

Hal yang menarik di pantai Glagah Indah ini yaitu pengunjung dapat menaiki perahu kapal di area laguna dan berkeliling di sekitar laguna. Rekreasi dengan menggunakan perahu motor sangatlah menarik bagi wisatawan yang datang namun apabila sebuah musibah atau kecelakaan terjadi seperti perahu tenggelam atau terbalik hingga menyebabkan penumpang kapal mengalami luka-luka atau bahkan hingga menyebabkan meninggal dunia, maka belum ada payung hukum jaminan dari pemerintah untuk menjamin keselamatan bagi para wisata yang naik perahu di laguna tersebut. Mengingat pernah terjadi sebuah musibah tenggelamnya perahu pengunjung yang terjadi di salah satu obyek wisata waduk Kedung Ombo Boyolali Jawa Tengah 15/05/2021 silam.

Pengembangan Pemasaran dari segmen wisatawan diharapkan mampu meningkatkan profit setiap bulannya dan dalam pemasarannya di pesisir wisata Glagah Indah ini, diharapkan stakeholder dan pemerintah setempat untuk dapat memposting dan menginformasikan kepada kaum milenial muda, karena apabila sudah dirasakan oleh kaum milenial muda, maka penyebarluasan akan lebih cepat karena kaum milenial muda sangat melek teknologi dan update dalam jejaring sosial media.

Dengan tetap menerapkan Protokol kesehatan yaitu dengan 3M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun diarir mengalir, dan menjaga jarak) hal ini menjadi sebuah kewajiban yang harus diterapkan ketika berkunjung ke tempat-tempat wisata. Serta program dari pemerintah yaitu dengan vaksinasi massal yang sekiranya cukup berhasil dalam upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19.

Adapun tips liburan aman di masa pandemi dengan memilih tempat liburan yang outdoor seperti pantai, gunung, perkebunan, menyiapkan masker, sabun cuci tangan atau hand sanitizer, serta menyiapkan uang elektronik.(*)

 

About yadi haryadi

Check Also

Jasa Raharja Bersama KPPD DIY di Gunung Kidul Ajak Warga Hargomulyo Gedangsari Tertib Bayar PKB

Gunung Kidul, Kabarno.com – PT Jasa Raharja Samsat Gunung Kidul bersama KPPD DIY di Gunung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *