Home / PMD / Warga Purwoharjo Samigaluh Gelar Adat Merti Bumi Tinalah di Sungai Tinalah

Warga Purwoharjo Samigaluh Gelar Adat Merti Bumi Tinalah di Sungai Tinalah

Samigaluh, Kabarno.com – Dimasa pandemi Covid-19 warga masyarakat Kalurahan Purwoharjo, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo menggelar adat tradisi Merti Bumi Tinalah. Kegiatan berlangsung pada Sabtu, 4 September 2021 dan acara di gelar dibantaran Sungai Tinalah Purwoharjo, Samigaluh, Kulon Progo.

“Sebagai wong Jawa, tidak luput dari tradisi adat peninggalan simbah simbah terdahulu, salah satunya Merti Bumi Tinalah,” ujar Pth Kalurahan Purwoharjo Y Setyawan Hertanto, Sabtu, 4 September 2021.

Hertanto menambahkan Merti Bumi Tinalah merupakan tradisi warga di wilayah Kalurahan Purwoharjo Kapanewon Samigaluh yang biasa bertani menggunakan aliran sungai Tinalah, konon cerita air sungai Tinalah mengairi sawah sawah ribuan hektare baik tanaman padi maupun palawija.
Sawah yang dialiri air sungai Tinalah dengan hasil yang sangat memuaskan. Oleh karenanya warga sekitar sungai Tinalah memetri tradisi Nenek moyang, sehabis panen menyelenggarakan hiburan dan sedekah kenduri.

Sementara Plh Kapolsek Samigaluh AKP Tukijan melalui Bhabinkamtibmas Babinsa Kalurahan Purwoharjo mengatakan kegiatan adat Merti Bumi Tinalah yang diselenggarakan diera pandemi Covid-19 ini dilaksanakan secara sederhana. Menurut pantauannya sudah melaksanakan protokol kesehatan.

“Yang hadir tidak seperti biasanya sebelum adanya pandemi Covid-19, tidak lebih dari 10 orang yang hadir, hanya sejumlah tokoh masyarakat dan perangkat Kalurahan,” katanya.(ayu,yah)

.

About yadi haryadi

Check Also

Bhabinkamtibmas Hargorejo Kokap Ajak Warga Menjadi Pemilih Cerdas

Kokap, Kabarno.com – Pemilihan Lurah serentak yang akan dilaksanakan pada Minggu, 24 Oktober 2021 Babinsa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *