Home / PMD / Upacara Adat Baritan Kupat Kanoman Banjararum

Upacara Adat Baritan Kupat Kanoman Banjararum

Kalibawang, Kabarno.com – Sebanyak 2270 ketupat diarak dari dalem Ki Lurah Banjararum menuju ing ngoro oro Kanoman Banjararum Kalibawang Kulon Progo sejauh kurang lebih 1500 km, untuk dinikmati bareng bareng bersama warga, dikatakan Kepala Desa Banjararum, H. Warudi kepada Kabarno.com di lokasi upacara adat tradisi Baritan Kanoman.

” Upacara adat Baritan atau Gebyar Ketupat dilaksanakan setahun sekali, dan biasanya dilksanakan setelah panen padi, di bulak Kanoman dan sekitarnya.”

Warudi menambahkan Baritan ini atas inisiatif dari warga bertujuan untuk nguri uri budaya tradisi yang dilakukan oleh nenek moyang kita setiap tahunnya setelah panen padi.

Sementara Ir. Aris Nugroho MMA Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo mewakili Pemerintah Kabupaten, mengapresiasi kepada warga Kanoman Banjararum Kalibawang yang telah nguri uri budaya tradisi Baritan hingga saat ini berjalan.

Adat tradisi baritan dihadiri, Ir. Aris Nugroho Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Kabid Seni Adat dan Tradisi Dinas Kebudayaan, Camat Kalibawang Hendri Usdiarka, jajaran Polsek dan jajaran Koramil Kalibawang serta kurang lebih 300 warga masyarakat Kanoman Banjararum Kalibawang. ( yah )

About yadi haryadi

Check Also

Di Kokap : Tanah Longsor Menutup Aliran Sungai dan Terjang Rumah Warga

Kokap, Kabarno.com – Hujan cukup lebat yang terjadi sepanjang sore di wilayah Kabupaten Kulon Progo, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *