Home / PMD / Tradisi wiwitan aja dilalek e

Tradisi wiwitan aja dilalek e

Wates, Kabarno.com – Mbah Widyo Sukarto warga Dalangan, Triharjo, Wates, Kulon Progo pada Rabu, 1 April 2020 menggelar tradisi “wiwitan” di Bulak Dalangan yang tergabung di Kelompok Tani Ngudi Rejeki Dalangan Triharjo Wates Kulon Progo.

“Menika minangka atur panuwun dumateng Gusti Allah ingkang sampun paring rejeki dumateng kawulanipun, pramila kula gelar taradisi wiwitan punika,” kata Mbah Widya yang dikutip koresponden Kabarno.com Paryono dilokasi wiwitan.

Menurutnya tradisi wiwitan adalah ritual persembahan tradisional masyarakat Jawa sebelum panen padi dilakukan. Ritual itu dilakukan sebagai wujud terima kasih pada Tuhan yang telah menciptakan isinya dan wujud syukur atas pemberian rejeki berupa padi, dan tradisi wiwitan ini dilaksanakan sebelum memanen padi.

Bahan bahan untuk tradisi wiwitan menurut kemampuan, seperti Ingkung atau telur godok sambel gepleng, Godokan rowotan, Kupat, Jajan pasar, Kembang, buah buahan, wiwitan setelah di doakan oleh rois setempat di persawahan dan dimakan bersama sama petani atau siapa saja yang berada di sawah, biasanya anak anak sering mengikuti apa bila ada petani yang menggelar wiwitan.( yah )

About yadi haryadi

Check Also

Usulan Pengurus Inti PKB Ditolak DPAC, Pra Muscab PKB Kulon Progo

Wates, Kabarno.com – Usulan struktur kepengurusan DPC PKB Kulon Progo yang disampaikan DPW PKB DIY. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *