Home / PMD / Tim Pembina Samsat DIY Sosialisasikan Bebas Denda di Kalurahan Panembahan Semaki Yogyakarta

Tim Pembina Samsat DIY Sosialisasikan Bebas Denda di Kalurahan Panembahan Semaki Yogyakarta

Yogyakarta, Kabarno.com – Rabu, 23 November 2022 KPPD DIY di Kota Yogyakarta menyelenggarakan Sosialisasi Pelayanan Kesamsatan dan Optimalisasi Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor di Kelurahan Panembahan, Semaki, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kegiatan tersebut dengan Narasumber RB Wahyu Anggota Komisi B DPRD DIY, Totok Jaka Suwarta, S. H Kepala KPPD DIY di Kota Yogyakarta, Immanuel Marpaung, S. E Kepala. Bagian Operasional PT. Jasa Raharja Cabang DIY, AKP. Sutrisno, S. Sos., M.M Paur STNK-Seksi STNK Ditlantas Polda DIY, Lurah Kelurahan Semaki,, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dengan diadakannya Sosialisasi ini diharapkan menambah wawasan dan pemahaman warga tentang Kesamsatan dan bisa mendongkrak PAD DIY lewat sektor PKB dan BBNKB. Dihadiri kurang lebih 40 orang peserta yang terdiri dari Sekretaris Lurah, perwakilan masing-masing RT/RW, perangkat Kalurahan dan masyarakat wilayah Kraton.

Kabag Operasional PT Jasa Raharja Cabang DI Yogyakarta menyampaikan dalam paparanya masih belum optimalnnya kepatuhan masyarakat dalam melaksanakan kewajibannya membayar PKB dan SWDKLLJ saat registrasi ulang baik tahunan maupun lima tahunan menjadi fokus kita bersama ini,  Seperti yang disampaikan Bapak Sinar Biat bahwa pembayaran PKB masyarakat akan kembali kepada masyarakat dalam bentuk manfaat lain seperti Pembangunan Infrastuktur, manfaat fasilitas kesehatan dan pendidikan dan SWDKLLJ yang dibayarkan akan digunakan untuk pembayaran santunan bagi korban laka lantas, mengingat banyaknya manfaat dan urgensinya maka dalam kesempatan ini Tim Pembina Samsat menghimbau kepada masyarakat untuk segera membayar PKB dan SWDKLLJ kendaraan bermotor yang dimiliki.

Sosialisasi seperti ini rutin dilaksanakan dari kalurahan ke Kalurahan, Totok Jaka S sebagai Kepala KPPD menyampaikan bahwa menyapa masyarakat secara langsung seperti ini masih menjadi media yang efektif di wilayah kota Yogyakarta, dengan komunikasi interaktif masyarakat menjadi lebih paham dan impact dari pemahaman masyarakat tentunya peningkatan kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak kendaraan.

Totok menambahkan Salah satu program yang sangat penting saat ini dapat dimanfaatkan oleh Masyarakat Pamenang dalam mendukung peningkatkan Kepatuhan membayar Pajak dan menghindari penghapusan sesuai dengan ketentuan pada Pasal 74 UU No 22 Tahun 2009 adalah Program Bebas Denda.

“Pemerintah DI Yogyakarta kembali mengadakan program bebas denda dimulai dari tanggal 1 Oktober – 30 November 2022 agar menjadi suatu relaksasi bagi masyarakat untuk melaksanakan kewajibannya,” katanya.

Menutup kegiatan Diskusi kali ini Kabag Operasional PT Jasa Raharja DI Yogyakarta tidak lupa mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk menjadi pelopor keselamatan dengan berkendara sesuai dengan aturan baik dalam konteks.(ags,yah)

About yadi haryadi

Check Also

Jalan Plawangan – Tamanan Hargotirto Kokap Longsor

Kokap, Kabarno.com – Akibat hujan yang terjadi dari sore hari di wilayah Kabupaten Kulon Progo …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *