Home / PMD / Tiga Pilar tanam ribuan bibit di Kulon Progo

Tiga Pilar tanam ribuan bibit di Kulon Progo

Temon, Kabarno.com – Senin,19 Oktober 2020 berlangsung Bhakti Sosial dari Tiga Pilar di Pedukuhan Pasir Kadilangu, Kalurahan Jangkaran, Kapanewon Temon, Kabupaten Kulon Progo. Kegiatan Bhakti Sosial ini melibatkan tiga pilar yakni Pemkab Kulonprogo, Kodim 0731 dan Polres Kulon Progo.

“Polda DIY menyalurkan 1.200 bibit pohon cengkeh untuk ditanam di seluruh kapanewon di Kulonprogo. Salah satu upaya Polda DIY dalam menciptakan ketahanan pangan dan meningkatkan perekonomian masyarakat di masa pandemi Covid-19,” dikatakan Dirbinmas Polda DIY, Kombes Pol Anjar Gunadi Senin,19 Oktober 2020.

Anjar menambahkan, salah satu tanaman yang ditanam yaitu cengkeh, karena cocok dengan struktur tanah di Kulonprogo. Di samping itu perawatan pohon ini terbilang mudah dan lebih tahan terhadap serangan hama. Tanaman asli Indonesia ini juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi, sehingga diharapkan dengan penanaman ini dapat menciptakan ketahanan pangan dan meningkatkan perekonomian masyarat.

Kegiatan ini juga terkait dengan program Kampung Tangguh Nusantara (KTN) yang mana memiliki lima pilar utama yaitu, tangguh ekonomi, tangguh kesehatan, tangguh Kamtibmas, tangguh pendidikan dan tangguh informasi, jelas Anjar.

Sementara Bupati Kulon Progo Sutedjo menyambut baik kegiatan ini. Menurutnya penyaluran bantuan bibit cengkeh yang nantinya ditanam secara serentak itu sejalan dengan gerakan menanam di pekarangan atau Gempar yang sekarang sedang dikampanyekan Pemkab Kulon Progo.

“Di musim hujan seperti ini, tanaman cengkeh dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah yang bermanfaat untuk masyarakat. Ini mendukung upaya ketahanan pangan di Kulon Progo dan mengisi masa pandemi Covid-19 agar kita tetap semangat dan punya spirit untuk menignkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Bupati.(yah)

About yadi haryadi

Check Also

Cegah Penyebaran Virus Corona Polsek Kokap Bantu Masker ke Posko PPKM

Kokap, Kabarno.com – Jajaran Kepolisian Sektor Kokap Polres Kulon Progo selaku anggota Satgas Kampung Tangguh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *