Home / PMD / Tanggal 23 Juni, Panembromo Bakor PKP Tampil di Hadapan Ngarso Dalem

Tanggal 23 Juni, Panembromo Bakor PKP Tampil di Hadapan Ngarso Dalem

Para perantau Kulon Progo dari Jakarta, Bogor, Banten, Bandung, sedang bersiap. Dibawah komando Badan Koordinasi Paguyuban Kulon Progo (Bakor PKP), semua berlatih panembromo untuk tampil di hadapan Ngarso Dalem, Sri Sultan Hamengkubuwana X, pada acara halal bihalal, Akhad, 23 Juni 2019 nanti.

Bertempat di ruang rapat SMP Islam Yayasan Panglima Besar Soedriman Cijantung, 20 orang berlatih bersama Ki Tukino, seniman ketoprak yang sukses melestarikan keseniman Jawa di tlatah Jawa Barat.

Selain Ki Tukono, tampak pula ikut berlatih, dalang asal Kulon Progo yang sukses di ibukota, Ki Bagas Giyanto. Sebagai dalang, Ki Bagas tentu saja diandalkan dalam panembromo ini karena memiliki suara yang abgus.  “Ya ini bagian dari nguri-uri kabudayan,” tegas Pak Tukino yang selama tinggal di Kulon Progo, malang-melintang di panggung ketoprak.

Panembromo perantau Kulon Progo pernah sukses tampil dalam acara HUT Bakor PKP, di Anjungan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Taman Mini Indonesia Indah (TMII), pada April lalu. Seribuan orang memberikan tepuk tangan meski panembromo hanya berlatih sesat sebelum naik panggung. “Saat itu, latihannya lebih banyak secara jarak jauh. Lalu, melakukan gladi bersih sebelum pentas,” tambah Pak Tukino.

Tapi berbeda dengan saat tampil di Taman Mini, kali ini, para perantau Kulon Progo menyempatkan diri bertemu dan berlatih secara khusus. Sebab, akan tampil di depan Kanjeng Sultan. “Jadi ya tidak boleh main-main, nanti kalau salah bisa bukan hanya memalukan tapi juga tidak enak dengan Ngarso Dalem,” tutur Sukardi Karso, Ketua I Bakor PKP yang ikut dalam panembromo.

Ketua Umum Bakor PKP, H Agus Riyanto juga ikut ambil  bagian dalam panembromo ini. Pak Agus bahkan termasuk yang antusias, karena ini adalah bagian dari melestarikan budaya Jawa.

Bagi Bakor PKP, melestarikan kebudayaan adalah bagian dari program kerja yang tertuang dalam konsep besar bertajuk Sesaba Kulon Progo. “Mudah-mudahan, penampilan kita di depan Ngarso Dalem tidak mengecewakan, karena itu, kawan-kawan berlatih secara khusus,” ungkap Haji Agus Riyanto.(kib)

About redaksi

Check Also

Jasa Raharja Santuni Korban Laka Lantas Jalan Magelang Murangan Sleman Yogyakarta.

Sleman, Kabarno.com – PT. Jasa Raharja Cabang D.I Yogyakarta melalui Kantor Pelayanan Jasa Raharja Sleman …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *