Home / PMD / Sosialisasi Pembentukan DESTANA Kalurahan Kulur Temon Kulon Progo

Sosialisasi Pembentukan DESTANA Kalurahan Kulur Temon Kulon Progo

Temon, Kabarno.com – Jum’at, 1 Oktober 2021 Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kulon Progo melaksanakan kegiatan sosialisasi dalam rangka pembentukan Desa Tangguh Bencana di Kalurahan Kulur, Kapanewon Temon, Kabupaten Kulon Progo.

Peserta sosialisasi sebanyak 30 orang terdiri dari perangkat Kalurahan, Dukuh, Babinsa, Babinkamtibmas, Karang Taruna, Ibu -ibu PKK , anggota BPK dan tokoh masyarakat Kalurahan Kulur. Sebagai narasumber sosialisasi Sunardi Ketua Forum PRB Kulon Progo.

Dalam pemaparan materinya Sunardi mengatakan tujuan pertemuan yang dilaksanakan sebagai sosialisasi awal bahwa akan dibentuk Forum Pengurangan Resiko Bencana (Forum PRB) Kalurahan Kulur. Forum PRB adalah forum yang akan memberikan masukan kepada pemerintah Kalurahan agar concern (perhatian) terhadap upaya/kegiatan pengurangan resiko bencana di Kalurahan. Forum PRB terdiri dari perwakilan unsur-unsur yang ada di Kalurahan. Nantinya Forum PRB ini akan menjadi ruh dalam Desa Tangguh Bencana.

BPBD Kulon Progo menginisiasi Kalurahan Kulur, Kapanewon Temon, Kabupaten Kulon Progo menjadi Desa Tangguh Bencana (DESTANA) karena Kalurahan tersebut memiliki beberapa ancaman bencana diantaranya, kekeringan, cuaca ekstrim dan banjir bandang, kebakaran.

Diharapkan dengan pembentukan Desa Tangguh Bencana di Kalurahan Kulur, mampu mengintegrasikan nilai-nilai PRB dalam kegiatan di Kalurahan maupun masyarakat.(yah)

About yadi haryadi

Check Also

Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung – TNI Bagi Warga KulonProgo Disalurkan

Wates, Kabarno.com – Setidaknya ada 2000 Pedagang Kaki Lima dan Warung yang terdampak Covid-19 di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *