Siap-siap Nonton Ki Seno Nugroho Nang Taman Mini

oleh -8 Dilihat
oleh

Dalam beberapa jam ke depan, Ki Seno Nugroho, dalang kondang Jogjakarta, siap mbabar Bagong Duto di Plaza Tugu Api Pancasila Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Panggung sudah siap, termasuk dengan semua perkakas pertunjukan. Tratap besar menaungi gamelan lengkap dan simpingan wayang yang rapi. Suasana agak berbeda, karena wayang gagrak Jogjakarta ini, terlihat megah, tidak seperti biasanya yang serba minimalis.

Ki Seno Nugroho adalah dalang ketiga yang tampil di Tugu Api Pancasila. Sebelumnya, kemarin malam, Ki Eko Suwaryo dan Ki Wartun, tampil duet membawakan lakon Wahyu Cakraningrat.

Dan, malam ini, menjadi puncak pertunjukan dua malam, dalam memperingati 47 Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi). Sebelum ditutup oleh penampilan Ki Seno Nugroho, rangkaian HUT Pepadi, tadi pagi juga menggelar Sarasehan yang menghadirkan para dalang dan Ketua-ketua Pepadi dari seluruh Indonesia.

Para penggemar wayang kulit di ibukota Jakarta, memang seperti sedang dimanjakan oleh banyak pertunjukan wayang. Sejak awal bulan, dalang-dalang ternama tampil di sejumlah tempat. Pada 7 April 2018 lalu, dalang Ki Cahyo Kuntadi, ngebyar di Lapangan Tugu Proklamasi Jakarta.  Lalu, kemarin,  13 April, selain Ki Eko Suwaryo ada Ki Purbo Asmoro manggung di Komando Armada RI Wilayah Barat, Lapangan Tengah, Jl Gunung Sari.

Malam ini, wayangan juga tidak hanya digelar di Taman Mini, karena di Lapangan Tugu Monas, ada penampilan Ki Gunarto Guno Talijendro yang siap membawakan lakon Pancasunya Wreksaning Bumi. Malam ini pula, Ki Warseno Slenk, tampil  Jalan Merdeka Kota Tangerang.

Dalang setan Ki Manteb Sudarsono, akan tampil dalam malam puncak HUT Taman Mini Indonesia Indah (TMII), 21 April nanti. Tugu Api Pancasila TMII, menjadi tempat pertujukan, karena biasanya penonton akan membludag. Lakon yang dibawakan Pak Manteb adalah Pandowo Tani.

Pada tanggal yang sama, 21 April 2018, dalang muda Ki MPP Bayu Aji, juga akan manggung di TVRI Senayan. Kemudian, Ki Warseno Slenk, mentas di Bungur, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Sedangkan Ki Warjiyo HP, menjadikan Anjungan DIY TMII sebagai lokasi pertunjukan.

Hari Minggu, 29 April 2018, giliran Ki Tantut Sutanto akan menggelar pertunjukan di Halaman Kecamatan Pondok Aren Tangeran. Lalu, di akhir April, Ki Wisnu Nugroho, kembali hadir, kali ini di  Kampung  Rawa Salem, Kelurahan Perwira, Kali Abang, Bekasi Utara. (kib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.