Home / KANGBARNO / Setiap Kamis Pagi, Siswa TK Pertiwi Ekokapti Kulur, Berenang

Setiap Kamis Pagi, Siswa TK Pertiwi Ekokapti Kulur, Berenang

Pagi baru saja dimulai. Jam bergerak di angka 07.30 WIB. Saat itulah, siswa-siswi TK Pertiwi Ekokapti, Desa Kulur, Kapenewon Temon, Kabupaten Kulon Progo, memulai hari ditandai dengan berbaris rapi di depan gedung sekolah.

Barisan akan berangsur menipis, setelah yang ada di depan bergerak. Semua menjabat tangan para guru, lalu masuk kelas. Inilah pendidikan karakter, yang memang menjadi dasar utama dalam mendidik anak-anak usia dini.

Setelah masuk kelas, yang terjadi kemudian adalah suasana meriah. Adik-adik TK Pertiwi Ekokapti, memang mendapatkan kesenangan tersendiri setiap hari Kamis pagi. Sebab, itulah saatnya bermain air, di kolam renang.

“Kegiatan renang kelompok B tadi pagi jam 08:30-10:00. Tempatnya di Kolam Renang UNY Wates. Kami menyewa dua mobil. Ibu Kepala TK juga berkenan nderek, mengantar sekaligus mengawasi anak-anak belajar berenang,” kata guru pendamping kelompok B, Agustin Purnomo Dewi, S.Pd.

Renang merupakan ekstra yang mulai diajarkan sejak semester dua. Dilatih oleh Kak Adi, dilaksanakan pada Kami minggu pertama dan kedua. “Ekstrakulikuler ini, sengaja kami pilih untuk melatih motorik anak-anak, selain bisa memberi penyegaran biar tidak setiap hari belajar di kelas,” ungkap Sumartini S.Pd.Aud, Kepala TK Pertiwi Ekokapti.

Selain berenang untuk kelompok B, TK paling tua di kawasan Kulur ini, juga menggelar ekstrakulikuler untuk Kelompok A. Dibimbing oleh Pak Ihsanudin dari Terbah, Wates, ekstra melukis dilaksanakan setiap sejak semester pertama. Guru pendampingnya, Bu Suwarti dan Bu Nasirah.

TK Pertiwi Ekokapti, memang merupakan taman kanak-kanak yang populer di Kulur. Berdiri sejak tahun 1972, saat ini, sekolah yang dikelola Yayasan LPMD  itu, memmiliki 69 siswa.(adi)

About redaksi

Check Also

Enjang Meniko, Ajungan Jogja TMII Siap Menyambut Perantau Kulon Progo

Anjungan Daerah Istimewa Yogyakarta, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), pagi ini sudah siap menyambut para …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *