Home / KEMAT / Sekali lagi, Ini Dia Keris Sombro yang Prasojo

Sekali lagi, Ini Dia Keris Sombro yang Prasojo

Di dunia perkerisan siapa yang tidak mengenal keris sombro. Keris dengan bentuk sangat sederhana (hanya seperti bilah pisau) namun memiliki banyak tuah dan dikenal memiliki unsur isoteri yang sangat luar biasa.

Keris berdapur sombro adalah buatan seorang empu wanita yang bernama Nyai Sombro. Namun keberadaan Nyai Sombro sendiri hingga sekarang masih misterius. Hanya cerita yang berkembang secara tutur tinular Nyai Sombro hidup selalu berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Nyai Sombro digambarkan sebagai sosok wanita tua yang memiliki kesaktian dan kemampuan dalam hal membuat pusaka namun memiki cacat di kaki sehingga cara berjalannya dengan mengesot.

Bila ditilik secara materialnya, keris simbro memiliki unsur yang lengkap sesuai pakem perkerisan pada umunnya yaitu ada unsur besi, baja dan meteor. Namun untuk cara pembuatannya ini menjadi musteri tersendiri karena pada bilah keris sombro terkadang ditemui seperti tekanan jempol (pijetan). Sedang dilihat dari guratan yang ada keris sombro juga dibuat dengan tempaan dan lipatan.

Bentuknya yang sederhana menunjukan keris sombro ini dibuat lebih mengedapankan unsur isoteris dari pada unsur eksorerisnya. Dan para ahli dalam dunia perkerisan juga mengakui akan sisi isoteris keris sombro ini. Bahkan para kolektor keris serasa belum lengkap bila koleksi kerisnya belum ada keris sombro nya.

Dalam dunia bisnis dan perdagangan keris sombro ini juga sangat populer. Keberadaannya diburu dan bila ada ditemukan banyak yang berani memberikan mahar tinggi untuk satu bilah keris sombro.

Para pebisnis besar berlomba berburu keris sombro, bahkan ada salah satu perusahaan industri chemical yang membuat logo perusahaan mengambil tampilan pamor dari salah satu keris sombro.

Walaupun keris sombro berbentuk seukuran cundrik dan patrem (katagori keris lecil) dan dibuat oleh empu wanita namun keris ini tidak dikhususkan untuk wanita, namun justru banyak dimiliki oleh kalangan kaum pria.

Kekuatan doa dari sang empu (Nyai Sombro) kepada Tuhan Yang Maha Esa terwujudkan dalam sebilah keris sangat luar biasa ini. Sehingga, banyak kalangan mengakui bila memiliki Keris Sombro maka usaha yang dilakukan akan banyak menuai kesuksesan, bila berdagang dagangannya sangat laris, bila kontraktor akan selalu menang tender, bila bisnis transportasi penumpang nya banyak, bila usaha menangkap ikan akan banyak memperoleh hasil. Dan banyak lagi lainya.

Hanya seiring perkembangan jaman dan kemajuan teknologi, para pemburu Keris Sombro ini harus ekstra hati-hati karena dalam perkembangannya Keris Pusaka yang satu ini banyak sekali diduplikasi atau bisa dikatakan Keris Sombro palsu.

Ada “greget” yang tidak dapat dipungkiri dari keris Sombro yang asli dan ini tidak akan ditemukan / dapat dirasakan pada Keris duplikasi. Namun tentu saja hanya seorang ahli yang bisa mengetahui hal ini dengan tepat.

Pada akhirnya kita kembalikan bahwa Keris hanyalah sebuah simbol, keberhasilan usaha hanya akan berbanding lurus dengan tingkat kualitas usaha yang dilakukan, tentu saja dengan diiringi do’a permohonan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Manusia diwajibkan usaha dan pada akhirnya Tuhan lah yang menentukan.

Nyai Sombro banyak mengajarkan kepada kita, dengan keterbatasannya (lumpuh) namun dia tetap berkarya dengan menghasilkan Pusaka yang sangat fenomenal hingga saat ini yang kita kenal sebagai Keris Sombro.(*)

About redaksi

Check Also

Mengenal Dalang Kebumen-16: Ki Basuki Hendro Prayitno, Dalang Senior yang Merakyat

Ini, Ki Basuki Hendro Prayitno. Dalang senior, ternama, dan menjadi rujukan dalang muda di Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *