Home / DWIDJO / Saber Budaya Menoreh Siap Tampil di Bandara YIA

Saber Budaya Menoreh Siap Tampil di Bandara YIA

Wates, Kabarno.com

Saber Budaya Menoreh (SBM) gumregrah memetri budaya tradisi nasional. Latihan persiapan pentas Siter Gadhon Saber Budaya Menoreh yang akan ditampilkan Minggu 7/3’2021di Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) 7 Maret 2021.

Rismi Sudarti sslah seorang pengurus SBM menjelaskan, rencana tampil di Bandara YIA untuk menjamu tamu yang datang ke Yogyakarta melalui bandara YIA. Saat ini persiapan sudah mencapai 90 persen.

“Gagasan brilian ini tidak lepas dari arahan dari Drs R Kawarno selaku Ketua Umum Saber Budaya Menoreh, R Aryawan Ardhitama S.H ., M.H dan Bowo Supratman S.H ., M.M yang kedua beliaunya sebagai Dewan Pengawas Saber Budaya Menoreh,” paparnya.

Sesuai dengan tujuan dari Saber Budaya Menoreh lanjutnya, untuk menggali, mengenalkan dan melatih budaya tradisional khususnya budaya Yogyakarta. Adapun pelaku seni siter gadhon Saber Budaya Menoreh, yakni Wahsito pegang siter, Saribut Lana pegang kendang, Tukido pegang gender, Slamet Haryanto pegang barong.

Disamping itu Saber Budaya Menoreh menyiapkan empat sinden siter gadhon.Keempat sinden tersebut kebolehannya tidak diragukan lagi. Sinden yang pertama Hendarti Handayani yang kedua Sularsih, ketiga Tusri Subaryati dan sinden yang ke empat Kadarwati.

Untuk langgam yang dipersiapkan antara lain Geblek Wates,? Caping Gunung, Yen Ing Tawang Ana Lintang. Pudang Kuning, Ali-ali. Sri Uning. Jembatan Merah. Kutut Manggung. Lir-ilir dan lain -lainnya.

Dijelaskan pula oleh Rahmat yang mewakili pihak management AP I mengapresiasi Saber Budaya Menoreh yang berupaya membuat pengalaman terbaik di bandara YIA dengan mengangkat Icon Jogja berupa seni dan budaya.

Selain kesenian tradisional siter gadhon, Saber Budaya Menoreh juga menyiapkan kesenian wayang kulit, kethoprak mataram dan kethoprak lesung yang akan pentas April dan Mei 2021. Sedangkan untuk dalang wayang kulit dari anggota Saber Budaya Menoreh yakni Aiptu Jumino yang kesehariannya bertugas di Polsek Kokap. Anom Sucondro yang kesehariaannya bertugas menjadi Lurah Jatimulyo, Girimulyo dan Ki Setia Nugroho.

Sesuai arahan dari Sekretaris Dinas Kundha Kebudayaan Drs R Yudono bahwasannya Saber Budaya Menoreh untuk menggandeng Korpan di 12 Kapanewon di Kulon Progo, sebagai tindak lanjutnya Saber Budaya Menoreh membina kelompok giat seni kethoprak lesung yang bersekretariat di padukuhan Klajuran Tanjungharjo Nanggulan KP, Kelompok giat seni cokean siter dan tari tarian serta Jathilan Tradisional Mungding juga merupakan kelompok giat seni dibawah binaan Saber Budaya Menoreh yang kedua kelompok tersebut bersekretariat di Gotakan Panjatan KP. (RS)

About dwidjo

Check Also

K3S Gelar Latihan Ujian Sekolah SD/MI

Ngaglik, Kabarno.com Sebanyak 28 Siswa Siswi SD/MI Se Kabupaten Sleman ikut Latihan Ujian Sekolah yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *