Home / PMD / Ribuan Anak Ayam Milik Om Udin Klampis Pengasih Mati Kobong

Ribuan Anak Ayam Milik Om Udin Klampis Pengasih Mati Kobong

Pengasih, Kabarno.com – Setidaknya ada 6000 ekor anak ayam berumur 5 hari milik Samsudin 38 tahun warga Pedukuhan Klampis, Kalurahan Pengasih, Kapanewon Pengasih, Kabupaten Kulon Progo terbakar habis. Kejadian kebakaran kandang ayam pada Rabu, 21 Juli 2021 sekitar pukul 00.30 wib.

“Benar adanya kebakaran kandang ayam di Pedukuhan Klampis, Kalurahan Pengasih, Kapanewon Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, diduga api terjadi dari tungku pemanas,” dikatakan Kapolsek Pengasih Kompol Topo Subroto Rabu, 21 Juli 2021.

Petugas dilokasi kejadian kebakaran memperoleh informasi dari pemilik kandang mengatakan pada Selasa, 20 Juli 2021 sekitar pukul 18.00 wib anak kandang dan pemilik menyalakan tungku pemanas dari arang sebanyak 11 tungku, yang dilakukan dengan kompos gas yang berada di gudang yaitu berupa pemanas dengan menggunakan arang kayu bagian bawah dan atasnya arang briket untuk memanaskan suhu kandang ayam potong atau broiler.

Sekitar pukul 20.30 wib pemilik dan anak kandang meninggalkan kandang karena ada keperluan di PAUD Klampis dalam rangka persiapan penyembelihan hewan qurban yang berjarak sekitar 100 meter dari kandang, pada pukul 00.00 wib anak kandang pulang dari PAUD melihat kobaran api dari arah kandang ayam, dan selanjutnya melapor ke Damkar Kulon Progo serta Polsek Pengasih.

Diduga sumber api berasal dari percikan bara api arang yang jatuh dan mengenai serabut kelapa yang ada di bagian bawah kandang atau gudang sehingga terjadi kebakaran. Pengasih. Sebanyak 6.000 (enam ribu) ekor anak ayam yang baru berumur 5 hari di kandang tersebut terbakar habis. Terlibat pengondisian kebakaran kandang ayam Polsek Pengasih, Koramil Pengasih, Damkar Kulon Progo, TRC BPBD Kulon Progo, Relawan Destana Kalurahan Pengasih dan.warga masyarakat.

Akibat kejadian ini Samsudin (pemilik kandang) mengalami kerugian anak ayam dan kandang ayam sebesar kurang lebih Rp. 25.000.000,- (dua puluh lima juta rupiah), 25 sak pakan ayam senilai Rp. 11.250.000,- (sebelas juta dua ratus lima puluh ribu rupiah). Total kerugian senilai Rp. 36.250.000,- (tiga puluh enam juta dua ratus lima puluh ribu rupiah).(yah)

 

,

About yadi haryadi

Check Also

343 orang Warga Kulon Progo Selesaikan Isolasi Mandiri

Wates, Kabarno.com – Minggu, 1 Agustus 2021 Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulon Progo menginformasikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *