Home / PMD / Puluhan Warga Sidomulyo Pengasih pasang janur kuning kanggo tolak balak

Puluhan Warga Sidomulyo Pengasih pasang janur kuning kanggo tolak balak

Pengasih, Kabarno.com – Puluhan rumah warga di Kalurahan Sidomulyo, Kapanewon Pengasih, Kabupaten Kulon Progo memasang janur kuning di sudut rumahnya. Menurut sejumlah warga dengan dipasangnya janur kuning di sudut rumah akan menangkal semua jenis virus dan menangkal malapetaka.

“Kapitadosan tiyang jawi, ing pojok pojok griyo sami dipun pasang janur kuning kangge tolak balak,”kata Daiman Dukuh Kutogiri saat di hubungi Kabarno.com belum lama ini.

Daiman menambahkan janur kuning dibikin menyerupai pusaka atau menyerupai luku dan di pasang disetiap sudut rumah. Ini sebagai tradisi dan kepercayaan warga apa bila rumah ada janur kuningnya niscaya akan di jauhkan dari segala penyakit dan marabahaya. Namun semua ini juga di serahkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Sesepuh setempat Mbah Anung Sudarto mengatakan janur kuning menurut simbah simbah salah satu benda yang sangat ampuh sebagai tolak balak, oleh karenanya warga Sidomulyo bersepakat untuk nguri uri tradisi dari simbah simbah untuk memasng janur kuning di setiap sudut rumah.

“Warga sampun percaya bilih janur kuning saget kangge tolak balak samukawis virus lan brahala,” jelas Mbah Anung.(yah)

 

About yadi haryadi

Check Also

Anak Autis dan Lansia di Kulon Progo Dapat Bantuan Sembako Dari Kejati DIY

Wates, Kabarno.com – Dua Panti Autis dan Panti Lansia di Kabupaten Kulon Progo menerima bantuan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *