Home / KANGBARNO / Polres Kulon Progo dapat Predikat  A dari Kementerian PANRB

Polres Kulon Progo dapat Predikat  A dari Kementerian PANRB

Polres Kulon Progo mendapat predikat A atau kategori Pelayanan Prima dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Selain Polres Kulon Progo, yang juga mendapat penghargaan bergengsi itu, adalah Polres Sleman bersama 10 Polres lainnya dari seluruh Indonesia.

Penyerahan penghargaan dihadiri secara virtual oleh Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin yang merasa optimis kepolisian mampu mencapai posisi sebagai Polri yang Presisi. Hal itu dikatakan Wapres setelah melihat 12 Polres menerima predikat A atau kategori

Wapres menyampaikan hal tersebut di depan para anggota Polri  di seluruh Indonesia dalam  acara Penyampaian Hasil Evaluasi dan Penghargaan Pelayanan Publik Lingkup Polres/Polresta/Polrestabes/Polres Metro Tahun 2020, Selasa, 16 Februari 2021.

Seperti diketahui, Presisi adalah tagline atau program besar yang dicanangkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Presisi merupakan kependekan dari prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan.

“Momen apresiasi layanan Polri ini saya nilai penting sebagai sarana perbaikan kinerja kelembagaan Polri, dalam rangka transformasi untuk mewujudkan Polri presisi,” kata Kiai Ma’ruf Amin.

Wapres menambahkan, unit pelayanan yang diberikan oleh lembaga Kepolisian harus dapat menjadi role model atau percontohan bagi lingkungan Polri itu sendiri maupun bagi instansi pemerintah penyelenggara layanan.

Selanjutnya, Wapres mengucapkan selamat kepada unit penyelenggara pelayanan publik dilingkungan Polres/Polresta/Polrestabes/Polres Metro yang telah berhasil menerima penghargaan. Ada 12 Polres yang meraih kategori pelayanan prima, dan 40 Polres dengan kategori sangat baik.

Penghargaan tahunan yang diberikan Kementerian PANRB ini, bukan hanya merupakan hasil kinerja terbaik, melainkan sebagai indikator kepercayaan masyarakat kepada institusi Polri.

DPerkembangan dunia yang sangat cepat khususnya di bidang teknologi informasi dan komunikasi, harus diimbangi oleh kemampuan penyelenggara negara dalam menguasai dan beradaptasi dengan teknologi terkini, yang berdampak pada penentuan keberhasilan pelaksanaan tugas yang dilaksanakan.

Lebih dari itu, kapasitas teknologi informasi dan komunikasi merupakan prasyarat yang membutuhkan relevansi kehadiran pemerintah dalam era teknologi 4.0 saat ini. Oleh karenanya Polri sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat harus dapat memenuhi persyaratan tersebut.

Layanan publik yang prima, masih menurut Wapres KH Ma’ruf Amin, merupakan salah satu tujuan program reformasi birokrasi yang merupakan pilar penentu keberhasilan tercapainya visi indonesia maju.

Pemerintah berkomitmen untuk memperkuat dan mempercepat reformasi birokrasi di seluruh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah. Keberhasilan reformasi birokrasi sangat ditentukan oleh SDM yang unggul dan berintegritas yang merupakan kunci terciptanya tata kelola pemerintahan yang bersih, pelayanan publik yang optimal, birokrasi yang profesional dan akuntabel.

“Saya yakin Polri sebagai lembaga penegak hukum dapat menjadi contoh terdepan dalam melaksanakan reformasi serta mewujudkan integritas dan profesionalisme baik secara kelembagaan maupun SDMnya,” kata Wapres.

Setiap anggota Polri harus profesional dan memiliki komitmen kuat untuk membangun budaya integritas. Wapres mengajak segenap jajaran Kepolisian di seluruh indonesia untuk tetap semangat dan terus berkarya bagi bangsa dan negara.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada seluruh anggota Polri yang telah memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan optimal. Dihadapan anggota Polri, Menteri Tjahjo juga berpesan agar dapat menjaga citra baik pemerintahan, terlebih Polri sebagai lembaga penegak hukum yang humanis dan mengayomi seluruh lapisan masyarakat.

Selanjutnya membangun soliditas dan kerja sama dengan sesama lembaga negara dan organisasi kemasyarakatan dalam menjalankan tugas sebagaimana dicontohkan oleh Kapolri. “Saya juga mengapresiasi semangat jajaran Polres/Polresta/Polrestabes yang bersemangat dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik, sehingga masyarakat bisa merasakan kehadiran negara dengan respon yang positif,” ucapnya.(hum)

12 Polres Berpredikat Pelayanan Prima (A)

1.Polresta Sidoarjo 
2.Polrestabes Surabaya
3.Polresta Cirebon
4.Polres Banyuwangi 
5.Polres Malang
6.Polrestabes Palembang
7.Polrestabes Bandung
8.Polres Gresik
9.Polresta Pekanbaru 
10.Polres Malang Kota
11.Polres Kulon Progo 
12.Polres Sleman

 

About redaksi

Check Also

Hari Ini, Warga Banaran Terima Paket Sembako

Kegiatan sosial di Kalurahan Banaran, Kapenewon Galur, Kabupaten Kulon Progo dimulai pagi ini, Ahad, 1 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *