Home / PMD / Pipo PDAM bocor warga sak kiwo tengen Kali Ngrancah panen iwak mati

Pipo PDAM bocor warga sak kiwo tengen Kali Ngrancah panen iwak mati

Kokap, Kabarno.com – Sejumlah warga Pedukuhan Sermo Lor, Kalurahan Hargowilis, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo yang berada di sekitar Kali Ngrancah pagi tadi Rabu, 12 Februari 2020 panen berbagai jenis ikan yang sudah mati.

“Warga melihat dan mengambil berbagai jenis ikan seperti Sidat, Wader, Nila dan Nilem yang hidup di sungai yang berada tepat di timur Waduk Sermo tersebut mati mendadak,” dikatakan Winarno warga setempat.

Winarno menambahkan akibat matinya berbagai jenis ikan tersebut diketahui bak penampungan PAC milik PDAM Tirta Binangun di tempat pengolahan air bersih wilayah tengah Kokap yang masuk kawasan Suaka Margasatwa Sermo mengalami kebocoran dan selanjutnya warga melapor ke pohak yang berwajib.

Direktur utama PDAM Tirta Binangun, Jumantoro saat ditemui awak media dilokasi pencemaran membenarkan bak penampungan PAC kami mengalami kebocoran, kemudian air PAC tenyata mengalir ke saluran pengurasan dan menuju sungai, tapi tadi malam tidak bisa terdeteksi, sehingga terlanjur keluar.

Menurut Jumantoro kebocoran yang baru pertama kali terjadi ini disebabkan karena usia bak sudah tua sehingga rawan rusak. Atas kejadian ini, pihaknya telah menutup pipa pembuangan dan akan segera memperbaiki kerusakan bak penampungan tersebut.

“Ke depan kami akan lakukan antisipasi supaya kejadian serupa tak terulang lagi,” jelasnya.( yah )

About yadi haryadi

Check Also

Jasa Raharja Bersama KPPD DIY di Gunung Kidul Ajak Warga Hargomulyo Gedangsari Tertib Bayar PKB

Gunung Kidul, Kabarno.com – PT Jasa Raharja Samsat Gunung Kidul bersama KPPD DIY di Gunung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *