Home / PMD / Pemilik Kendaraan Bermotor Wajib Lakukan Iuran Jasa Raharja

Pemilik Kendaraan Bermotor Wajib Lakukan Iuran Jasa Raharja

Wates, Kabarno.com – Pemilik kendaraan bermotor itu wajib untuk membayar iuran Jasa Raharja. Sebab iuran Jasa Raharja yang biasa disebut Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ). Iuran ini melekat pada pembayaran pajak kendaraan bermotor, nama yang tertulis dalam STNK secara otomatis terdaftar dalam asuransi kecelakaan lalu lintas yang dikelola oleh Jasa Raharja.

“Ya jelas kita kan mempunyai kendaraan bermotor, tentu saja kita wajib melakukan pajak kendaraan bermotor, didalamnya sudah tertera iuran jasa raharja yang sering disebut SWDKLLJ,” kata Agung salah satu warga yang saat ditemuai di Kantor Samsat Kulon Progo, Sabtu, 11 September 2021.

Sewaktu Agung diminta tanggapannya terkait iuran Jasa Raharja mengatakan, iuran Jasa Raharja menurutnya sangat penting sebab, dalam iuran Jasa Raharja telah tercantum sebagai asuransi kecelakaan lalu lintas. Oleh karenanya pemilik kendaraan wajib membayar iuran Jasa Raharja.

Sementara Hendratno Bagus Sutanto Penanggung Jawab Jasa Raharja Samsat Kulon Progo mengatakan Pembayaran Premi dalam program asuransi kecelakaan PT Jasa Raharja dikenal dengan 2 (dua) bentuk yaitu Iuran Wajib (IW) dan Sumbangan Wajib (SW). Iuran Wajib dikutip atau dikenakan kepada penumpang alat transportasi umum seperti kereta api, pesawat terbang, bus dan sebagainya (pasal 3 (1) a UU No.33/1964 jo pasal 2 (1) PP No.17/1965). Sedangkan khusus penumpang kendaraan bermotor umum di dalam kota dan Kereta Api jarak pendek (kurang dari 50 km) dibebaskan dari pembayaran iuran wajib tersebut.

“Sumbangan Wajib dikutip atau dikenakan kepada pemilik / pengusaha kendaraan bermotor (pasal 2 (1) UU No.34/1964 jo pasal 2 (1) PP No.18/1965),” jelas Hendra.(yah)

About yadi haryadi

Check Also

Bhabinkamtibmas Hargorejo Kokap Ajak Warga Menjadi Pemilih Cerdas

Kokap, Kabarno.com – Pemilihan Lurah serentak yang akan dilaksanakan pada Minggu, 24 Oktober 2021 Babinsa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *