Nonton Kirab Budaya di Solo

oleh -26 Dilihat
oleh

Solo, KABARNO — Masyarakat kota Surakarta, berdesakan di sepanjang Jalan Slamet Riyadi sejak siang hinga saat ini. Mereka baru saja, nonton kirab budaya yang megah, yang dimulai dari kawasan Sriwedari sampai Mangkunegaran.

Terlihat Ibu Negara Iriana Joko Widodo, ikut pawai yang merupakan rangkaian HUT ke-44 Dekranas. Ibunda Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka itu, didampingi   menantunya, Selvi Ananda yang tak lain istri Gibran.

Dua tokoh utama itu, ikut kirab dengan naiki mobil berhias kepala Rajamala.  Ibu Iriana dan nyonya Gibran, mengenakan busana warna merah marun. Sepanjang jalan, Iriana membagikan  balon berbagai bentuk.

Kereta yang membawa ibunegara terlihat paling menonjol serta menjadi pusat perhatian masyarakat, karena dihias kepala Rajamala yang dianggap sakral. Ini adalah tokoh pewayangan yang muncul dalam lakon-lakon berat seperti ruwatan. Saat ini Rajamala menjadi  maskot Kota Solo.

Seperti diketahui, hari ini menjadi awal dari puncak peringatan HIT Dekranas ke-44, yang dibuka oleh Ibu Negara di Hotel Alila Solo. Tidak kurang dari 1.500 tetamu di acara itu. Dari sana, kirab budaya dimulai. Rutenya dari Stadion Sriwedari sampai Puro Mangkunegaran.

Mulai hari ini, selama empat hari,  juga digelar Expo di Puro Mangkunegaran yang menghadirkan 257 stan kerajinan, kuliner nusantara, serta layanan konsultasi pembinaan bagi para perajin.

15 Mei 2024- Syukuran dan Pembukaan Expo HUT DEKRANAS Ke-44, dilaksanakan di Alila Hotel, Parade Mobil Hias Kriya dan Budaya DEKRANAS 2024, Peragaan Busana Kain Nusantara di Taman Sriwedari Solo, Expo Produk UMKM Binaan DEKRANAS dan DEKRANASDA Seluruh Indonesia di Pamedan Pura Mangkunegaran

16 Mei 2024 – Malam Puncak HUT HKG PKK ke-52 di Taman Balekambang Solo.

17 Mei 2024 – City Tour di Kota Solo.

18 Mei 2024 – Acara Penutupan HUT DEKRANAS 2024 di Pamedan Pura Mangkunegaran.(wah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.