Home / PMD / Merti Tirto Sendang Pethuk Beji, Turus Tanjungharjo Nanggulan

Merti Tirto Sendang Pethuk Beji, Turus Tanjungharjo Nanggulan

Nanggulan, Kabarno.com – Sabtu siang, 19 September 2020 warga Pedukuhan Turus, Kalurahan Tanjungharjo, Kapanewon Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo dari rumah masing masing dengan seragam kejawen komplit menuju “Sendang Pethuk Beji” melaksanakan tradisi merti sendang Pethuk Beji.

“Ini melestarikan peninggalan simbah simbah kita dengan perjuangannya membangun sendang Pethuk Beji menurut sesepuh dibangun tahun 1926,” dikatakan Sugiyanto Ketua Penyelenggara Merti Tirto Sendang Pethuk Beji.

Sugiyanto menambahkan tradisi Merti Tirto Sendang Pethuk Beji merupakan penghormatan pada sesepuh pendahulu dan sebab diera sekarang ini kita tinggal menikmati, untuk itu kita perlu nguri uri dan melestarikan semoga bermanfaat bagi warga sekitar.

Haryoto Panewu Nanggulan mengatakan memetri sendang ini merupakan edukasi kepada anak cucu kita, dipandemi Covid-19 penyelenggaraannya sudah mentaati protokol kesehatan, pihaknya mendukung tradisi ini bisa dikembangkan kedepannya.

Sementara Wruhantoro Kabid Adat  Tradisi Lembaga Budaya dan Seni Kundha Kabudayan (Dinas Kebudayaan) Kabupaten Kulon Progo mengapresiasi dan tradisi Merti Tirto Sendang Beji ini perlu dilestarikan, dan di pandemi Covid-19, penyelenggaraannya sudah cukup bagus meskipun secara sederhana tetap sesuai dengan protokol kesehatan.

Ikut hadir dalam acara tradisi Merti Tirto Sendang Pethuk Beji, Kabid Adat  Tradisi Lembaga Budaya danSeni  Kundha Kabudayan Wruhantoro, Kepala Dinas Pariwisata Joko Mursito, Panewu Nanggulan Haryoto, Kapolsek Nanggulan Kompol Yustinus Tarwoco Nugroho dan Babinsa Bahinkamtibmas Kalurahan Tanjungharjo serta belasan peserta tradisi Merti Tirto Sendang Pethuk Beji.(yah)

 

About yadi haryadi

Check Also

KPPD Bantul luncurkan Samsat Keliling di Kapanewon Dlingo

Bantul, Kabarno.com – Untuk mendekatkan dan mempermudah layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor di wilayah Kapanewon …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *