Home / PMD / Merti Desa Tayuban gelar 200 Dalang anak dan kirab budaya

Merti Desa Tayuban gelar 200 Dalang anak dan kirab budaya

Panjatan, Kabarno.com – Kirab Gunungan Lanang dan Wadon di laksanakan warga Desa Tayuban, Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulon Progo Sabtu, 31 Agustus 2019 dengan meriah, dikatakan Abdurahman Wiyana Kepala Desa Tayuban kepada Kabarno.com di lokasi kirab.

” Menika adicara Merti Desa, atur panuwun dumateng Gusti Allah, warga sami ngedalaken woh wohan hasil bumi ingkang sampun kaparingaken dateng warga, kanthi ngaturaken syukur.”

Wiyana menambahkan Kirab Gunungan lanang dan gunungan wedok diawali dari Masjid Al Muhajirin Tayuban untuk gunungan lanang dan gunungan wedok di mulai dari Pedukuhan Sukopenganti bertemu di Perempatan antara Sukopemganti dan Tayuban kemudian di kirab menuju Balai Desa Tayuban yang di terima Kepala Desa Tayuban, Camat Panjatan Setiawan Tri Widodo, dan sesepuh Desa Budaya Slamet Raharjo.

Prosesi Merti Desa dilanjutkan rebutan gunungan lanang wedak dan dilanjut kenduri di akhiri dengan pementasan wayang kulit dengan dalang 200 anak, semantara malam ini akan tampil 5 dalang asli Desa Tayuban dengan lakon Sri Bali. ( yah )

About yadi haryadi

Check Also

Kapolsek Samigaluh Ajak Pelajar Untuk Disiplin dan Taat Aturan

Samigaluh, Kabarno.com – Sebanyak 144 siswa siswi SMK Negeri 1 Samigaluh dalam apel pagi pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *