Home / KANGBARNO / Mengenal Dalang Kebumen-8: Ki Wahono Aji Prasetyo, Matang di Panggung

Mengenal Dalang Kebumen-8: Ki Wahono Aji Prasetyo, Matang di Panggung

Banyak jalan menuju Roma, pepatah ini kiranya sangat tepat untuk menggambarkan perjalanan hidup Ki Wahono Aji Prasetyo untuk menjadi Dalang Wayang Kulit di Kebumen seperti saat sekarang ini.

Dalange Wahono, itu nama yang sering disebut oleh penggemarnya, dalang yang berdomisili di Desa Tanjungsari, Kecamatan Petanahan Kebumen ini memiliki perjalanan panjang yang sangat menarik.

Mengawali karier sebagai Player Organ Tunggal, Ki Wahono terbiasa mengiringi para penyanyi dari panggung ke panggung. Banyak jenis musik yang dikuasai, dari Khasidah, Pop, Dangdut, Campursari hingga langgam Jawa.

BACA JUGA http://www.kabarno.com/mengenal-dalang-kebumen-7-ki-widodo-prembun-dalang-ahli-sastra-yang-mumpuni/

Perkembangan seni pedalangan dari klasik yang hanya diiringi dengan gamelan menjadi  seni pedalangan kontemporer yang juga banyak diisi dengan lagu lagu langgam dan campursari memerlukan keberadaan secara khusus seorang player organ tunggal sebagai pelengkap pementasan yang rasanya wajib ada bagi sebagian besar Dalang pada era sekarang ini.

Keberuntungan sepertinya menyertai Ki Wahono, sebagai Player orgen tunggal yang banyak menguasai lagu lagu langgam dan campursari, Ki Wahono sering diminta untuk menyertai pementasan dalang dalang baik lokal maupun nasional. Tidak terhitung berapa dalang yang sudah diiringinya ketika sedang pentas.

BACA http://www.kabarno.com/mengenal-dalang-kebumen-6-ki-imam-siswo-carito-dalang-muda-penuh-semangat/

Ki Wahono sangat jeli melihat kesempatan, insting seninya yang kuat, kemampuan notasi musik dan gamelan, serta keinginannya yang selalu belajar dan menambah wawasan, membuatnya dapat dengan cepat menyerap ilmu oedalangan.

Hasrat menjadi dalang tumbuh kuat di hati Ki Wahono, setelah yakin dengan kemampuannya masuklah Ki Wahono ke salah satu Sanggar Pedalangan di Wilayah Ambal pimpinan Ki Dalang Sugito, untuk memperdalam dan mengasah kemampuannya mendalang.

Jika dulu Ki Wahono banyak menerima job mengiring oenyanyi panggung, namun kemudian lebih mengutamakan menerima job mengiringi pentas wayang dengan hatapan lebih menguatkan kemampuannya mendalang.

BACA http://www.kabarno.com/mengenal-dalang-kebumen-5-ki-wartun-gati-wicoro-suara-gandem-memikat-jiwa/

Cita-citanya terwujud, dengan diawali pentas perdana dikediaman orangtuanya. Ki Wahono sanggup melakukan pagelaran semalam. Maka resmilah Ki Wahono Aji Prasetyo sebagai Dalang Wayang Kulit dengan mengambil jalur Gagrak Yogyakarta.

Dalang yang mengidolakan Ki Basuki Hendro Prayitno ini, sekarang sudah menjadi dalang ternama, pergaulannya yang luas juga mendukung profesinya sekarang sebagai dalang. Bahkan beberapa dalang kondang pernah menyambangi kediamannya tidak hanya dalang lokal kebumen juga dalang dalang dari kota lain seperti Banyumas dan sekitarnya.

BACA http://www.kabarno.com/mengenal-dalang-kebumen-4-ki-santoso-joko-bledeg-dalang-idola-kaum-milenial/

Untuk pementasan Ki Wahono juga sudah menggelar di beberapa wilayah seperti layaknya dalang ternama lainnya.

Berbekal tekad dan keinginan kuat, Ki Wahono mampu mewujudkan impian dan cita citanya, dan ini adalah pelajaran yang sangat berharga bagi generasi muda yang ingin maju dan sukses.

Kebumen, 12 Mei 2020

Ki Setyo Brajabumi

Pemerhati Budaya Nusantara, Hp. 081310352619

About redaksi

Check Also

Warga Gunung Rawas Sentolo Gotong-royong Bantu Warga Isolasi Mandiri

Sentolo, Kabarno.com – Warga yang terpapar Covid-19 dan melakukan isolasi mandiri tidak akan didiamkan begitu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *