Home / KANGBARNO / Mengenal Dalang Kebumen-1: Ki Wido Seno Aji

Mengenal Dalang Kebumen-1: Ki Wido Seno Aji

Nama ini sangat populer di Kebumen. Juga sang istri, Nyi Ambarwati. Ki Wido Seno Aji termasuk dalang senior. Tidak hanya kondang di Kebumen, tapu di lingkgungan penggiat seni pedalangan di Jawa.

Seno Aji memang tokoh yang komplet. Dalang multi talenta yang dimiliki Kabupaten Kebumen. Selain kemampuan mendalang yang baik (wayang kulit maupun wayang golek menak) juga piawai nembang campursari.

BACA JUGA http://www.kabarno.com/wayang-golek-kebumen-adalah-aset/

Ki Seno pun dikenal sebagai Master Ceremony  atau Pembawa Acara. Tidak hanya itu, kepiawaiananya  sebagai pengrawit, telah pula diakui. Bersama sang istri, kinii hari-harinya (jika tidak mendalang atau menjadi MC) menekuni dunia Tata Rias Pengantin.

Semua kegiatan seninya diwadahi dalam Sanggar Nawang Sari. Sanggar  di Jl   Daendels No. 1 (Sebelah Timur Pasar Ambal ) Ambal Resmi, Kebumen, Jawa Tengah itu, seperti pusat kebudayaan yang banyak didatangi pecnta kesenian.

Wido Seno Aji memang berasal dari keluarga dalang. Ki Wido adalah putra dalang masyur,  Ki Sugeng yang merupakan saudara Ki Basuki Hendro Prayitno (Ambal). Berada di lingkungan para dalang, membuat Ki Seno akrab dengan kesenian sejak kanak-kanak.

Beranjak  remaja,  Seno senang sekali membuat wayang dari berbagai bahan seperti karton dan kulit. Sementara itu, kemampuannya  mendalang, ikut pula terasah oleh lingkungan, sehingga mampu tampil sebagai dalang kondang yang kini, tanggapannya meluas tida anya di  Kebumen.

Ayah Wido (begitu panggilan akrab Ki Wido Seno Aji ) bersama Nyi Ambarwati juga pernah menyertai almarhum  Ki Entus Susmono   dalam setiap pementasannya. Itu, menggambar pergaulannya yang luas di tengah dalang-dalang ternama.

Saat ini, selain menerima tanggapan mendalang, Ki Wido juga banyak memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk meneruskan belajar karawitan dan seni pedalangan.

REFERENSI  http://www.kabarno.com/ini-tentang-keris-di-kebumen/

Sesekali menjadi sutradara Ketoprak, Ki Seno juga aktif mengisi siaran  di Ratih TV bekerjasama dengan Dinas Kominfo. Programnya, masih ada hubungannya dengan seni pedalangan. Sebagai dalang senior, Ki Wido Seno Aji dan  Nyi Ambarwati, banyak mewarnai dunia seni di Kebumen, khususnya seni Campursari dan Seni Pedalangan.

Melihat kualitas mendalang, luasnya pergaulan, serta wawasannya pada kesenian, sangat pantas jika  Persatuan Pedalangan Indonesia ( PEPADI ) Kebumen memberi  posisi sebagai Ketua Korwil Kebumen Timur.

Kebumen, 07 Mei 2020

Ki Setyo Brajabumi

Pemerhati Budaya Nusantara, bisa dihubungi di 081310352619

About redaksi

Check Also

Swargi Langgeng Kagem Almarhum Haji Wasis Djuhar

Belum habis rasa kehilangan atas meninggalnya Raden Nganten Sukemi, yang merupakan tokoh perantau Kulon Progo …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *