Home / PMD / Mbah Tunah warga Diran Sidorejo Lendah hidup di rumah tak layak huni

Mbah Tunah warga Diran Sidorejo Lendah hidup di rumah tak layak huni

Lendah, Kabarno.com – Mbah Tunah usianya 71 tahun, selama sepuluh tahun lebih tidak pernah keluar rumah disebabkan Mbah Tunah menyandang kelumpuhan, makan tidur dan lainnya berada di tempat tidur ( papan dari kayu ) beralasakan tikar.

“Sangat prihatin, Mbah Tunah tidak dapat keluar rumah, rumah yang Dia tempati milik sodaranya, hingga saat ini rumah tersebut di pandang tidak layak huni,” kata Mursanto Koordinator GMKP Peduli ditemui Kabarno.com Minggu, 30 Agustus 2020.

Mursanto bersama Ninik Wasini Ketua GMKP Peduli dan sejumlah anggota menyerahkan bantuan berupa tempat tidur dan sembako untuk kebutuhan sehari hari, Mbah Tunah tidak memiliki keluarga dan untuk kebutuhan sehari hari di rawat adik iparnya yang juga sudah tua dan rumahnya agak jauh, Mbah Tunah menempati rumah yang di bangun warga di tanah milik keluargany, hingga saat ini rumah yang di tempati Mbah Tunah sangat memprihatinkan, tidak layak huni.

“Kita dari Guyon Maton Kulon Progo (GMKP Peduli ) berencana akan melakukan pembenahan rumah Mbah Tunah agar layak huni,” jelas Wasini Ketua GMKP Peduli.

Selain membantu Mbah Tunah di Pedukuhan Diran, Kalurahan Sidorejo, Kapanewon Lendah GMKP Peduli juga membantu Mbah Ngatini (ODGJ) warga Kuwaraan, Kalurahan Sidorejo, Kapanewon Lendah, Kabupaten Kulon Progo.

Sementara Dukuh Diran, Mukri Wiyarjo mengatakan Mbah Tunah sudah sepuluh tahun menderita kelumpuhan, sehingga tidak bisa kemana mana, kehidapannya setiap hari di topang oleh warga dan keluarga, maslah rumah yang akan dilakukan bedah rumah, Pak Dukuh mengatakan boleh saja asal tidak permanen, karena Mbah Tunah tidak memiliki tanah sendiri.

“Boleh di bedah asal tidak permanen, karena tanah bukan milik Mbah Tunah,” jelas Pak Dukuh.(yah)

About yadi haryadi

Check Also

Bali seka poto kopi Mbokde Parmi ketabrak kereta api ing Sentolo

Sentolo, Kabarno.com – Rabu, 16 Juni 2021 sekitar pukul 11.37 wib telah terjadi kecelakaan kereta …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *