Home / KANGBARNO / Mengenal Dalang Kebumen-20: Mbah Suman, Dalang Ruwat Sepanjang Masa

Mengenal Dalang Kebumen-20: Mbah Suman, Dalang Ruwat Sepanjang Masa

Bila datang ke Wilayah Kabupaten Kebumen, sempatkan singgah ke Karanganyar. Atau, tepatnya ke Padepokan Sehat Medika Suman Sri Husodo. Adanya di Jalan Raya Karang Anyar-Kaleng, Kelurahan Jatiluhur, Karanganyar, Kebumen. Tempat ini juga menjadi  sekretariat Persatuan Pedalangan Indonesia ( PEPADI ) Kabupaten Kebumen.

Dan, Ki R. Suman Sri Husodo atau yang akrab dipanggil Mbah Suman adalah Ketua Umum PEPADI Kabupaten Kebumen.

Sehari-hari adalah, Mbah Suman menjalani aktivitas sebagai terapis pengobatan alternatif untuk berbagai penyakit yang sulit disembuhkan dengan pengobatan medis. Di kalangan para dalang, Mbah Suman ditokohkan di wilayah Kebumen dan sekitarnya.

Mengenal Dalang Kebumen-19: Ki Eko Suwaryo Sang Maestro

Kemampuan mendalangnya tidak diragukan lagi, karena Mbah Suman sudah menjadi dalang sejak usia muda. Setiap hari Kamis Wage, secara rituin menggelar wayangan darai siang hingga malam hari yang bertepatan dengan Malam Jumat Kliwon.

Wayangan Jum’at Kliwonan, demikian masyarakat sekitar menyebutnya adalah bagian dari ritual penyembuhan bagi para pasien dengan diadakannya ruwatan (buwang sukerto). Saat itu, juga sebagai ajang anjangsono atau berkumpulnya dalang-dalang Kebumen yang terwadahi dalam PEPADI Kebumen.

Mbah Suman, termasuk Ketua Umum PEPADI Kebumen yang cukup lama. Karena sudah menjalani periode yang ktiga. Tentu saja sudah banyak hal yang dilakukan demi kemajuan dan perkembangan jalannya organisasi PEPADI Kebumen.

Mengenal Dalang Kebumen-18: Ki Be Susilohadi, Dalang Dramatari Kontemporer 

Banyak kegiatan diselenggarakan di padepokan yang sekaligus sebagai sanggar seni budaya ini, baik yang bersifat lokal maupun nasional. Sebut saja beberapa event sosialisasi vaksin Covid-19 yang dilakukan oleh Pemerintah RI melalui Kementerian Kominfo RI juga diselenggarakan di Padepokan Sehat Medika tersebut.

Sebagai dalang ruwat dengan mengambil Gagrak Yogyakarta, Mbah Suman sangat menguasai lakon lakon wayang ruwat seperti Amurwokala, Sri Mulih dan lakon lakon lainnya.

Mengenal Dalang Kebumen-17: Ki Slamet Cermo Harsono, Masternya Gending Kebumenan

Pembawaannya yang santun, lembah manah, berjiwa kebapakan menjadikan Mbah Suman banyak disenangi oleh para seniman pedalangan dan masyarakat sekitar. Apalagi Mbah Suman juga memiliki jiwa sosial dan dermawan yang sangat tinggi. Pada bulan Sura, Mbah Suman rutin mengadakan kirab pusaka dan kirab budaya dengan berbagi kepada masyarakat sekitar sebagian rizki yang diterimanya.

Sebagai dalang, Mbah Suman layak dijadikan panutan. Tokoh ini, memiliki pemahamannya yang mendalam sebagai orang yang pandai ngudal piwulang. Sehingga Mbah Suman juga sebagai tempat jujugan untuk bertanya. Terutama mereka yang membutuhkan pencerahan.

Bagi masyarakat luas, selain dikenal karena menjadi tokoh pedalangan, Mbah Suman Tidak juga popular sebagai ahli spiritual yang banyak menolong sesama umat manusia. (ditulis oleh: Ki Setyo Brajabumi, Pemerhati Budaya Nusantara, korespondensi 0813.1035.2619) 

About redaksi

Check Also

Seluruh Warga Kurang Mampu di Kalurahan Banaran dapat Bantuan

Tiga hari lagi, Baksos Sahabat Ngopi dan Sedulur NKS, digelar di Kalurahan Hargorejo, Kapenewon Kokap, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *