Home / PMD / Mahasiswa UKM Pramuka UST Yogyakarta Rintis Rumah Main Semi di Sentolo

Mahasiswa UKM Pramuka UST Yogyakarta Rintis Rumah Main Semi di Sentolo

Sentolo, Kabarno.com – Gebrakan Baru, Mahasiswa UKM Pramuka UST Yogyakarta merintis  Rumah MAIN SEMI di Pedukuhan Kalisoka, Kalurahan Tuksono, Kapanewon Sentolo, Kabupaten Kulon Progo. UKM Pramuka UST Yogyakarta turut serta dalam kegiatan PPK Ormawa 2022 atau yang biasa disebut Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan 2022 yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Dirjen Dikti), Kemendikbud Ristek.

Rumah Inovasi Serat Alami “Main Semi” untuk mewujudkan Desa Vokasional yang dirancang oleh Tim UKM Pramuka telah diluncurkan dan diresmikan langsung oleh Dr. Widodo Budhi, M.Si selaku Wakil Rektor III, pada 23 Juli 2022.

“Bangga dengan pencapaian yang telah dilakukan dan mengucapkan syukur terima kasih telah direspon baik oleh masyarakat Dusun Kalisoka atas berdirinya Rumah Inovasi Serat Alami,” katanya belum lama ini

Peresmian Rumah Inovasi Main Semi dimeriahkan dengan hiburan pembuka tari sekar pudjiastuti yang dibawakan oleh Diajeng Kulon Progo 2019 Destrine Megentina, A. P. Selain itu, diresmikan dengan simbol pemotongan nasi tumpeng yang dipotong oleh Wakil Rektor III dan
diserahkan kepada Dukuh Kalisoka.

“Simbol pemotongan nasi tumpeng ini memiliki arti ungkapan syukur dan sebagai bentuk kerja sama antara Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta dengan pihak Kalurahan Tuksono,” jelasnya.

Adanya peresmian Rumah Inovasi Serat Alami “Main Semi” diharapkan dapat menjadi awal yang baik bagi Kalurahan Tuksono untuk terus mengembangkan potensi kerajinan berbahan dasar serat alami terutama berasal dari tumbuhan agel yang melimpah di Tuksono Kulon Progo.

Hadirnya Rumah Main Semi akan
semakin memperluas para pengrajin untuk dapat menjual kerajinan mereka hingga ke pasar Nasional sehingga dapat mudah dikenal dan mudah didistribusikan ke seluruh Indonesia.

Hal ini sesuai dengan penuturan Dukuh Kalisoka bahwa beliau berharap dengan adanya Rumah Main Semi akan menjadikan masyarakat terampil dan lebih mengenal digital marketing sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat secara signifikan. Para pengrajin juga tak kalah antusias untuk menantikan program-program yang akan dilaksanakan dari Rumah Inovasi Serat Alami “Main Semi” ini.(yah)

About yadi haryadi

Check Also

Laka di Temon Kembali Renggut Korban Asal Purworejo

Temon, Kabarno.com – Terjadi kecelakaan lalu lintas pada Selasa, 27 September 2022 sekitar pukul 18.45 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *