Home / PMD / Kulon Progo duwe Pasar Tani, dina iki diresmeke dening Bupati

Kulon Progo duwe Pasar Tani, dina iki diresmeke dening Bupati

Pengasih, Kabarno.com – Bupati Kulon Progo Drs. H Sutedjo pada Jum’at, 8 Januari 2021 meresmikan Pasar Tani “Sangga Boga di Komplek Pasar Hewan Terpadu yang berada di Kalurahan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Saya sangat mengapresiasi atas dibukanya pasar tani ini yang menjadi bagian dari inisiatif Kelompok Wanita Tani (KWT) di Kapanewon Pengasih,” kata Sutedjo selesai peresmian Pasar Tani Sangga Boga, Jum’at, 8 Januari 2021.

Sedikitnya ada 18 Kelompok Wanita Tani (KWT) se Kapanewon Pengasih yang ikut meramaikan peresmian Pasar Tani “Sangga Boga” di kompleks pasar hewan terpadu, Kapanewon Pengasih, Kabupaten Kulon Progo.

Para Kelompok Wanita Tani yang ada di Kapanewon Pengasih tentu saja ikut ambil bagian sehingga semakin melengkapi ketersediaan produk di pasar tani ini. Orang yang membutuhkan berbagai kebutuhan tersedia di Pasar Tani Sangga Boga. Lebih lanjut kata dia meskipun pasar tani hanya buka setiap pasaran Wage dan Legi namun tidak menutup kemungkinan ke depannya akan dibuka setiap hari.

Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo, Muh Aris Nugroho mengatakan Pasar Tani Sangga Boga sebagai upaya pendampingan kepada para petani mulai dari hulu ke hilir. Diantaranya proses penanaman, pengolahan dan penjualan.

Dalam proses penanaman, Dinas Pertanian mendampingi bagaimana meningkatkan produksi dan produktivitas petani. Sedangkan pada proses pengolahan hasil bagaimana produk yang semula belum tahu apakah bisa dikonsumsi sekarang secara aman bagi kesehatan masyarakat.

“Ini inovasi yang sangat luar biasa dilakukan oleh para petani kita. Jadi selain menjual produk segar yang telah diolah menghasilkan berbagai produk yang bervariasi,” jelas Aris.

Pasar Tani Sangga Boga didukung bersama bersama empat Perumda diantaranya Bank Pasar Kulon Progo, PDAM Tirta Binangun Kulon Progo, PD Aneka Usaha Kulon Progo dan PT Selo Adikarta Kulon Progo.(yah)

 

About yadi haryadi

Check Also

Kapolsek Temon sambangi dua Posko PPKM Mikro

Temon, Kabarno.com – Dua Posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di wilayah Temon, Kulon …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *