Home / PMD / Ki Kendil Wesi lan Ki Bang Topo ing Ngento Pengasih

Ki Kendil Wesi lan Ki Bang Topo ing Ngento Pengasih

Pengasih, Kabarno.com – Tradisi bersih sendang Sumur Gede Pedukuhan Ngento, Desa Pengasih, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo dilaksanakan Kamis Wage, 26 September 2019, dikatakan Joko Purwanto Kepala Desa Pengasih.

” Ki Kendil Wesi dan Ki Bang Topo merupakan sejarah yang tidak bisa dilupakan oleh warga Gebangan, Clawer, dan Ngento, karena jasa Beliau berdua pada jaman itu Beliau yang bisa mensejahterakan masyarakat.”

Joko menambahkan warga masyarakat Clawer, Gebangan, Ngento dan sekitarnya bisa sejahtera karena adanya Ki Kendil Wesi yang konon cerita merupakan orang pendatang yang menyebarkan atau berdakwah tentang Islam di wilayah tersebut.

Sementara Margiwiyoto staf Bidang Seni Adat dan Tradisi Dinas Kebudayaan Kabupaten Kulon Progo bangga karena melihat warga Ngento Pengasih benar benar untuk ngleluri tradisi budaya penuh semangat, yang tentu saja menggerakan semua kalangan dari orang tua menurunkan ke pemuda pemudinya dan ke anak anak.

Hadir dalam rangka bersih sendang Sumur Gede, Dinas Kebudayaan di wakili Staf Bidang Seni Adat dan Tradisi Margiwiyoto, Camat Pengasih Drs. Warsidi, Anggota DPRD Kulon Progo Pancar Topo Driyo, Nur Eny Rahayu SE, Kepala Desa Pengasih Joko Purwanto, tokoh masyarakat, tokoh agama dan warga sekitar, ditengah tengah acara di tampilkan seni hadroh juga sejumlah tari tarian. ( yah )

About yadi haryadi

Check Also

BAGUNA PDI Perjuangan Kulon Progo edukasi warga Kalurahan Kedungsari

Pengasih, Kabarno.com – Banyaknya warga yang terkonfirmasi Covid-19 di wilayah Kalurahan Kedungsari, Kapanewon Pengasih, Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *